Advertisement

Kelompok Petani Mina Sabilulungan Kembangkan Budidaya Ikan Tawar

Kelompok Petani Mina Sabilulungan Kembangkan Budidaya Ikan Tawar
Kelompok Mina Sabilulungan Desa Sindangsari saat ditinjau Wabup Kuningan HM Ridho Suganda
Editor: Epenz Teras Kuningan —Minggu, 19 Juli 2020 13:46 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Sabilulungan Desa Sindangsari Kec Sindangagung Kuningan mencoba berbagi dengan warga setempat melalui pembudidayaan ikan air tawar berbagai jenis Perkembangan Kelompok petani ikan ini mendapat perhatian Wakil Bupati HM Ridho Suganda ketika meninjau lokasi perikanan Pokdakan di Sindangsari Sabtu (18/7/2020). Kehadiran Wabup HM Ridho mendapat sambutan meriah oleh pertunjukan Seni Calung Sabilulungan dari Desa Sindangsari.

Tampak hadir dalam acara silaturahmi tersebut, Kepala Desa Sindangsari, M. Taupik Abdullah beserta jajaran perangkat desa, Ketua Pokdakan Mina Sabilulungan, Nana Juhana beserta anggota, Ketua Bumdes Sabilulungan, Ust. Abdul AM dan undangan lainnya. Ketua Pokdakan, Nana Juhana menjelaskan, bahwa, Pokdakan Mina Sabilulungan dibentuk tahun 2016, hingga saat ini terus mengalami perkembangan yang signifikan. Betapa tidak !. Saat ini ni, Pokdakan yang dipimpinnya telah memiliki 16 kolam untuk budidaya ikan air tawar dan telah mampu mengembangkan pembudidayaan jenis ikan Nila, Gureme, dan Mujair dari mulai pembibitan hingga layak jual meskipun dengan fasilitas seadanya, baik kolam maupun sarana pendukung lainnya.

"Selain melakukan budidaya ikan kami melakukan kemitraan dengan masyarakat setempat dengan memberi bantuan bibit ikan kepada perwakilan warga dari masing-masing dusun di desa kami. Tujuannya agar perekonomian masyarakat terbantu dari hasil perikanan," tutur Ketua Pokdakan Nana Juhana saat ditemui dilokasi kolam Perikanan Desa Sindangsari

Namun, meskipun Pokdakan mengalami kemajuan tutur Nana, tapi tetap menemui beberapa kendala, diantaranya dalam pengadaan indukan dan fasilitas pendukung pembudidayaan. "Yang jadi kendala kami, yaitu pengadaan indukan, kami terbentur modal. Selain itu saran pendukung pembudidayaan seperti tepal dan jolang yang kami milki sangat minim," ujarnya.

Dengan hadirnya Wakil Bupati, Nana berharap dapat memberikan solusi baik dalam bantuan permodalan maupun sarana dan prasara pendukung yang dibutuhkan kelompoknya.

Wabup Kuningan, H. M Ridho Suganda mengatakan, pihaknya akan berusaha membantu Pokdakan Mina Sabilulungan agar lebih berkembang lagi. Wabup juga mengapresiasi berbagai langkah dan program yang telah dilakukan Pokdakan terutama dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi langkah-langkah dan program yang telah dilakukan pokdakan Mina Sabilulungan ini. Saya juga bangga anak-anak muda Desa Sindangsari yang ada di Pokdakan ini mau maju dan membangun desanya. Insya Allah, dengan sekuat tenaga saya akan membantu apa saja yang menjadi kendala Pokdakan Mina Sabilulungan dengan menghubungi dinas terkait," ucapnya.

(H WAWAN JR)

Pokdakan Desa Sindangsari Pembudidayaan Ikan Wakil Bupati Kuningan Kuningan


Related Post



Loading...