Wagub Sulsel Meminta Agar Bantuan untuk Korban Banjir Luwu Utara Didistribusikan Merata

Wagub Sulsel Meminta Agar Bantuan untuk Korban Banjir Luwu Utara Didistribusikan Merata
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 19 Juli 2020 10:17 WIB

Terasjabar.id - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meminta agar bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Luwu Utara didistribusikan secara merata. Tim harus terkoordonasi dan menyalurkan kebutuhan warga hingga ke pelosok.

Dia mengatakan, perlu ada data dan pemetaan yang rapi, agar bantuan dapat dibagikan merata. Distribusi bantuan juga hanya bisa dilakukan tim terpadu dari TNI/Polri dan pemerintah daerah (pemda).

"Kita menemukan bantuan ini kadang menumpuk di satu tempat dan kosong di tempat lainnya. Tim terpadu nanti akan menyisir sampai pelosok yang terpencil dan tidak terakses dengan motor trail," kata Andi Sudirman saat dikonfirmasi di Kabupaten Luwu Utara, Sabtu (18/7/2020).

Menurut dia, bantuan ini sangat ditunggu dan dibutuhkan warga yang terdampak banjir. Apalagi banyak dari mereka yang terisolasi karena masalah akses dan konektivitas jalan yang tertutup material lumpur.

"Posko induk memiliki data yang tepat sasaran, terkontrol secara harian dan sebaiknya seluruh bantuan disalurkan terpusat di posko induk," ujar dia.

Sebelumnya tercatat ada 36 warga meninggal dunia dalam musibah banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulsel pada Senin (13/7/2020). Adapun 16 lainnya masih dalam pencarian dan 3.000 lebih keluarga atau 14.483 orang mengungsi.

Sementara itu, BPBD Luwu Utara telah menerjunkan alat berat untuk membersihkan material lumpur, khususnya di akses jalan sehingga dapat mempermudah distribusi bantuan dan mobilitas warga.

Disadur dari Inews.id

Wagub Sulsel Bencana Alam Banjir Bandang Kabupaten Luwu Utara


Loading...