BPSPL Pontianak Melepasliarkan 300 Ekor Bayi Penyu di Pantai Paloh Kabupaten Sambas

BPSPL Pontianak Melepasliarkan 300 Ekor Bayi Penyu di Pantai Paloh Kabupaten Sambas
(Antara/Humas KKP : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 17 Juli 2020 13:47 WIB

Terasjabar.id - Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak melepasliarkan 300 ekor tukik atau bayi penyu di Pantai Paloh yang berada di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pelepasliaran itu dilakukan untuk melestarikan penyu di habitat alaminya.


"Pelepasliaran yang dilakukan bersama kelompok masyarakat sekitar merupakan bentuk komitmen KKP dalam melakukan upaya perlindungan dan pelestarian penyu di habitat alaminya," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), Aryo Hanggono di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Aryo mengatakan, pemilihan Pantai Paloh karena pantai tersebut merupakan pantai peneluran penyu terpanjang di Indonesia, serta termasuk dalam kawasan konservasi perairan daerah.

"Penyu sudah terancam punah, maka tugas dan kewajiban kita bersama untuk memastikan upaya konservasi penyu ini. Seluruh elemen masyarakat harus bersinergi mengelola ekosistem pesisir dan laut," katanya.

Sementara itu, Kepala BPSPL Pontianak Getreda Hehanussa menerangkan, tukik yang dilepasliarkan merupakan hasil dari relokasi yang dilakukan oleh enumerator BPSPL Pontianak.


Selain melakukan pelepasliaran tukik, BPSPL Pontianak sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait perlindungan dan pelestarian penyu tepatnya di Pos Monitoring Pantai Sungai Belacan, Paloh.

Dia menjelaskan, penyu yang dominan ditemukan yaitu penyu hijau, dengan tercatat lebih dari 2.000 ekor yang mendarat tiap tahunnya, bahkan pada tahun 2019 yang lalu mencapai lebih dari 4.000 ekor Penyu Hijau yang mendarat.

"Supaya tetap terjaga kelestariannya, telah disediakan hatchery di pos monitoring sebagai tempat relokasi telur penyu. Telur penyu yang berhasil menetas menjadi tukik nantinya akan dilepasliarkan lagi ke laut," ujarnya.

Sepanjang 63 kilometer Pantai Paloh menjadi habitat peneluran penyu. Berdasarkan data enumerasi BPSPL Pontianak sejak tahun 2016, jenis penyu yang ditemukan yaitu Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricate), dan Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea).


Disadur dari iNews,id

BPSPL Pontianak Bayi Penyu Pantai Paloh


Loading...