Satu Pedagang Positif Virus corona, Pasar Desa Bantengan Bantul Ditutup Sementara Selama Tiga Hari

Satu Pedagang Positif Virus corona, Pasar Desa Bantengan Bantul Ditutup Sementara Selama Tiga Hari
Ilustrasi (Tirto.ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 16 Juli 2020 13:23 WIB

Terasjabar.id – Pasar Desa Bantengan, yang ada di Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, DIY selama tiga hari ditutup mulai hari ini sampai dengan Sabtu (18/7/2020). Penutupan dilakukan, setelah ada satu pedagang positif Covid-19.

“Hasil tes swab kemarin psoitif Covid-19 dan pedagang itu sudah dirujuk ke rumah sakit,” kata Camat Banguntapan, Fauzan Mu’arifin, Kamis (16/7/2020).

Penutupan ini dilakukan untuk proses sterilisasi pasar. Selama ditutup, pasar disemprot dengan disinfektan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul. Sedangkan pedagang yang terinfeksi virus corona, seorang perempuan (45) dirawat di RS Lapangan Khusus Covid-19 di Bambanglipuro, Bantul.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan, dinas telah melakukan tracking terhadap orang yang melakukan kontak erat dengan pedagang tersebut. Mereka wajib menjalani rapid test, dan jika hasilnya reaktif akan ditindaklanjuti dengan tes swab.

Saat ini di RS Lapangan Khusus Covid-19, ada sekitar 30 pasien yang dirawat. Kapasitas tempat tidur masih mencukupi. Apalagi tingkat kesembuhan pasien cukup tinggi.

“Kesembuhan pasien juga terus bertambah dan ketersedian tempat tidur masih mencukupi,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Sukrisna Dwi Susanta mengatakan Pasar Bantengan di bawah pengelolaan Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKPMD) Bantul. Dinas Perdagangan pernah menutup sementara Pasar Sungapan dan Pasar Sorobayan.

“Ada tiga pasar yang sempat ditutup, tetapi yang Pasar Bantengan bukan kewenangan kita,” ucapnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Pasar Desa Bantengan Kecamatan Banguntapan Bantul DIY


Loading...