Salat Idul Adha Dilakukan Dilapangan, 'Harus Ada Rekomendasi dari Dinkes' Ujar MUI Kota Padang

Salat Idul Adha Dilakukan Dilapangan, 'Harus Ada Rekomendasi dari Dinkes' Ujar MUI Kota Padang
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 16 Juli 2020 10:58 WIB

Terasjabar.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, merekomendasikan agar pelaksanaan salat Idul Adha di lapangan harus mendapat persetujuan dari Dinas Kesehatan Kota. Sebab, Instansi tersebut yang mempunyai otoritas untuk menyimpulkan suatu wilayah sudah kondusif dan memungkinkan salat di lapangan.

Sekretaris MUI Kota Padang Mulyadi Muslim mengatakan, umat muslim dapat melaksanakan salat Idul Adha di masjid atau musala dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

“Karena kondisinya saat ini masih pandemi dan tidak dalam kondisi aman, maka imbauan MUI untuk salat Idul Adha dilaksanakan sesuai protokol kesehatan,” ujar Mulyadi Muslim di Padang, Kamis (16/7/2020).

Mulyadi menjelaskan, seandainya belum memungkinkan atau dikhawatirkan terjadinya penyebaran Covid-19 di lapangan. Maka pilihannya di masjid atau musala terdekat.

"Dalam pelaksanaannya nanti, shafnya tidak rapat dan menjaga jarak," ujarnya.

Mulyadi menuturkan, dalam pelaksanaan khotbah harus dilakukan seringkas mungkin, jadi tidak perlu panjang-panjang. Jika seseorang cukup lama di suatu tempat dengan jumlah orang banyak, dikhawatirkan akan terpapar virus corona.

Terlepas dari itu, fatwa secara khusus soal Idul Adha ini belum dikeluarkan MUI Kota Padang. Namun, adanya rekomendasi dari Dinas Kesehatan dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan salat Idul Adha di lapangan.

"Kita akan menyegerakan juga maklumat atau meminta fatwa ke MUI provinsi dan pusat,” ujarnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona MUI Kota Padang Salat Idul Adha 1441 H Dinkees


Loading...