Toko Bahan Kimia Bratachem Solo Terbakar, Petugas Damkar Sempat Alami Sesak Napas, Berikut Kronologinya !!

Toko Bahan Kimia Bratachem Solo Terbakar, Petugas Damkar Sempat Alami Sesak Napas, Berikut Kronologinya !!
(Tangkapan Layar Video Viral Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 16 Juli 2020 08:32 WIB

Terasjabar.id - Toko bahan kimia Bratachem di Jalan dr Radjiman, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, terbakar Rabu (15/7/2020) malam. Api bisa dipadamkan usai 10 mobil pemadam kebakaran diterjunkan.

Berdasarkan laporan pemeriksaan sementara kepolisian, kebakaran terjadi mulai pukul 18.45 WIB. Paur Humas Polresta Solo Aiptu Iswan Tri Wahudiono menjelaskan, saat itu, warga yang melintas di depan toko milik PT Brataco Chemica itu melihat asap dan mendengar suara ledakan dari bagian belakang toko. Warga kemudian melaporkan hal itu ke Polsek Laweyan.

Aparat Polsek Laweyan langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo dan Polresta Solo. Pukul 18.51 WIB, aparat Polsek Laweyan disusul Polresta Solo tiba di lokasi toko bahan kimia Bratachem guna mengamankan area.

Sekitar pukul 19.05 WIB, petugas Dinas Damkar Solo tiba di lokasi kejadian dan langsung melaksanakan proses pemadaman. Namun, saat itu pintu toko belum dapat dibuka.

Pintu toko bahan kimia itu baru bisa dibuka 10 menit kemudian setelah kepala toko, Sadat Kadhafi, datang membawa kunci. Petugas damkar langsung bekerja memadamkan api.

Hingga satu jam kemudian, tepatnya pukul 20.15 WIB, api yang membakar toko bahan kimia Bratachem itu baru berhasil dipadamkan. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan proses pendinginan.

Saat proses pendinginan, ada enam personel damkar yang mengalami sesak napas karena menghirup asap bahan kimia yang terbakar. Mereka langsung ditangani petugas medis dengan pemberian alat bantu oksigen.

Sementara itu, di dalam toko terdapat bahan kimia yang mudah terbakar dan meledak. Bahan kimia itu antara lain klorin 5 ton, metanol 1 ton, asam HCL 400 liter, alkohol 1,5 ton, Etanol 400 liter.

Total ada 10 unit mobil damkar yang dikerahkan untuk memadamkan api. Mobil damkar itu didatangi dari Pos Kota Barat, Pos Gading, dan Pos Pedaringan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian materiil juga belum dapat ditaksir.

Disadur dari iNews.id

Toko bahan kimia Bratachem Kebakaran Solo Jawa Tengah


Loading...