Program Penanganan Kawasan Kumuh di Kelurahan Karang Rejo Masih Berlanjut Tahun ini, akan Bersinergi dengan Wisata Kuliner dan UMKM

Program Penanganan Kawasan Kumuh di Kelurahan Karang Rejo Masih Berlanjut Tahun ini,  akan Bersinergi dengan Wisata Kuliner dan UMKM
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 14 Juli 2020 11:47 WIB

Terasjabar.id - Program penanganan kawasan kumuh di Kelurahan Karang Rejo, tepatnya di belakang Pasar Gusher, masih berlanjut tahun ini. Pada Sabtu (11/7), Wali Kota Tarakan Khairul berkesempatan meninjau langsung pembangunannya.

Pembangunan kawasan yang juga terletak di sekitar pesisir tersebut dilaksanakan secara terpadu antara Pemerintah Kota Tarakan dengan Program dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian,

"Mulai tahun lalu kawasan ini dibangun, dan tahun ini sambung sampai ke belakang," ujar wali kota di sela peninjauan.

Menurutnya, pihaknya memang ingin menangani kawasan perkotaan yang kumuh. Khusus di belakang pasar Gusher. Penanganan kawasan kumuh ini akan berlanjut hingga sampai di Kelurahan Selumit Pantai.

Pemerintah Kota Tarakan, dijelaskan Wali Kota, juga akan menganggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk membangun jalan yang melingkari kawasan hutan mangrove.

Dengan dibangunnya akses jalan nanti, diharapkan kawasan tersebut ke depan bisa berkembang menjadi tempat wisata, kuliner maupun sentra UMKM.

"Sekalian untuk rekreasi, sekalian untuk kuliner, sekalian juga untuk pusat-pusat UMKM lah. Jadi bisa ada sinergitas. Di sini juga akan dibangun pusat kuliner juga, sehingga kalau ini bisa jadi jalan tembus, jalan alternatif, mudah-mudahan bisa berkembang," ungkapnya.

Langkah tersebut sekaligus sebagai upaya Pemerintah Kota Tarakan mengamankan aset lahan seluas sekitar 30 hektare di kawasan tersebut, yang tidak boleh dibiarkan menganggur.

"Tapi memang enggak bisa dibiarkan begitu, harus ada aktivitas, ada pembangunan, dimanfaatkan supaya punya nilai sosial, nilai ekonomi juga, kalau dia lahan menganggur itu jadi problem," ungkapnya.

Disadur dari Merdeka.com 

Pandemi Virus Corona Wisata Kuliner Pasar Gusher Kawasan Kumuh Keluarahan Karang Rejo


Loading...