Gubernur Sulaweis Utara Meresmikan Operasional Laboratorium dan Pengoperasian alat GeneXpert di RSUD Kota Bitung

Gubernur Sulaweis Utara Meresmikan Operasional Laboratorium dan Pengoperasian alat GeneXpert di RSUD Kota Bitung
(iNews.id/BMC : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 14 Juli 2020 11:43 WIB

Terasjabar.id – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meresmikan operasional laboratorium dan pengoperasian alat GeneXpert untuk mendeteksi virus SARS-COV-2 penyebab Covid-19 di RSUD Kota Bitung. Seluruh peralatan sudah siap untuk memeriksa sampel swab dengan menggunakan metode PCR, Senin (13/7/2020).

Seluruh peralatan dan fasilitas resmi dioperasikan lewat launching pemeriksaan PCR (TCM) dengan alat GeneXpert untuk mendeteksi virus SARS-COV-2 penyebab Covid-19.

Menurut Kepala RSUD Kota Bitung dr Pitter Lumingkewas, laboratorium akan langsung beroperasi dengan kemampuan memeriksa sampel swab dengan menggunakan metode PCR.

“Dalam satu jam, laboratorium dapat memeriksa empat sampel dan ruangan lab juga sudah dilengkapi semua fasilitas serta mengikuti protokol Covid-19,” kata Pitter.

Dengan beroperasinya laboratorium itu kata dia, dirinya berterima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandou, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dr Debby Kalalo yang telah membantu menyiapkan fasilitas laboratorium.

“Terima kasih juga untuk Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri yang ikut melobi agar RSUD Kota Bitung bisa memiliki laboratorium sendiri mendeteksi Covid-19 dengan cepat di Kota Bitung,” katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Gubernur Sulawesi Utara RSUD Kota Bitung alat GeneXpert


Loading...