KPU Kota Bitung Sulut, Rapid Test Kepada 580 Petugas Lapangan Pilkada 2020

KPU Kota Bitung Sulut, Rapid Test Kepada  580 Petugas Lapangan Pilkada 2020
(iNews.id/BMC : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 14 Juli 2020 09:59 WIB

Terasjabar.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, Sulawesi Utara(Sulut) melakukan rapid test Covid-19 kepada 580 petugas untuk pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, Senin (13/7/2020). Rapid test ini salah satu cara untuk memastikan petugas aman sehingga masyarakat terlindungi dari Covid-19.

Komisioner KPU Bitung Iten Kojongian mengatakan, akan rutin melakukan rapid test terhadap personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setiap dua minggu sekali.

"KPU Bitung memberikan jaminan keamanan termasuk kesehatan untuk pelaksanaan tahapan Pilkada serentak," kata Iten Kojongian di Bitung, Senin (14/7/2020).

Iten juga mengatakan, rapid test merupakan salah satu upaya protokol kesehatan yang dilakukan KPU Kota Bitung untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020. Dengan protokol kesehatan yang ketat, petugas lapangan dipastikan sehat dan masyarakat terlindungi dari virus corona selama berpartisipasi dalam seluruh tahapan Pilkada 2020

“Dengan protap kesehatan ketat, KPU mampu meyakinkan masyarakat agar angka partisipasi pemilih tetap meningkat kendati di tengah wabah Covid-19,” katanya.

Komisioner KPU Kota Bitung lainnya Idhli Ramadhiani Fitriah menambahkan, khusus untuk petugas PPDP yang nantinya akan melakukan pemutakhiran data pemilih dengan cara mengunjungi langsung di tengah masyarakat, akan menjalankan standar protap Covid-19 secara ketat.

“PPDP ini sebelum dan sesudah turun lapangan akan dilakukan rapid test serta dibekali APD lengkap. Jika ada yang reaktif langsung diganti dan melaporkan ke Satgas Covid-19 untuk ditangani,” kata Idhli.

KPU Bitung juga memberikan jaminan kepada masyarakat soal petugas yang nantinya turun lapangan sudah berbadan sehat. Mereka akan dilengkapi surat hasil rapid test dan surat keterangan lainnya.

“Jadi masyarakat tidak perlu takut untuk menerima mereka saat bertugas di lapangan. Karena para petugas sudah dibekali protap pencegahan dan menggunakan APD lengkap. Jadi mohon dibantu agar proses pemutakhiran data berjalan lancar,” katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona KPU Kota Bitung Sulawesi Utara Rapid Test


Loading...