Pemprov Maluku Memperpanjang Penutupan Sementara Aktivitas Pelayanan di RSUD dr Ishak Umarella, Banyak Tenaga Medis dan Nonmedis Terpapar Covid-19

Pemprov Maluku Memperpanjang Penutupan Sementara Aktivitas Pelayanan di RSUD dr Ishak Umarella, Banyak Tenaga Medis dan Nonmedis Terpapar Covid-19
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 14 Juli 2020 09:46 WIB

Terasjabar.id – Pemerinta Provinsi (Pemprov) Maluku memperpanjang penutupan sementara aktivitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Ishak Umarella, di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah. Penutupan sementara ini hingga batas waktu tidak ditentukan.

"Penutupan karena masih banyak tenaga medis dan nonmedis yang terpapar Covid-19 belum sembuh," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, Senin (13/7/2020).

Penutupan sementara pelayanan di RSUD milik Pemprov Maluku pada periode pertama yakni 14-26 Juni 2020. Namun berdasarkan hasil evaluasi, banyak tenaga medis terpapar Covid-19 belum sembuh dan masih menjalani perawatan di RS tersebut.

"Jadi sementara tidak melayani pasien umum. Hanya tenaga medis dan nonmedis terpapar Covid-19 yang diisolasi di RS Tulehu. Total keseluruhan yang terpapar 37 orang termasuk Direkturnya, dr Dwi Murti Nuryanti," kata Kasrul yang juga sekda tersebut.

Hingga Senin (13/7/2020), masih ada 18 orang yang menjalani perawatan intensif di RSUD Tulehu. Mereka ditangani langsung oleh petugas medis yang ditugaskan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Operasional RSUD tersebut akan dibuka untuk umum, jika seluruh petugas medis dan nonmedis dinyatakan sembuh. Dinas Kesehatan Provinsi Maluku saat ini fokus untuk proses isolasi dan penyembuhan terhadap puluhan tenaga medis yang terpapar virus tersbeut.

Hal ini karena RSUD Tulehu dipersiapkan sebagai penyangga, yang nantinya melayani pasien Covid-19 dari sejumlah wilayah di Kabupaten Maluku tengah, Seram Bagian Barat (SBB) dan Seram Bagian Timur (SBT).

Setelah seluruh tenaga medis dinyatakan sembuh maka seluruh ruangan di RSUD tersebut akan disterilkan terlebih dahulu. Selanjutnya akan dibuka untuk melayani pasien umum, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Pemprov Maluku RSUD dr Ishak Umarella


Loading...