Tahun Ajaran Baru 2020/2021 di Tengah Pandemi Virus Corona, Aturan bagi Siswa di Kota Magelang jika Pembelajaran Tatap Muka Diizinkan

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 di Tengah Pandemi Virus Corona, Aturan bagi Siswa di Kota Magelang jika Pembelajaran Tatap Muka Diizinkan
(Dokumentasi SMP Negeri 1 Magelang Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 14 Juli 2020 08:30 WIB

Terasjabar.id - Tahun ajaran baru 2020/2021 di Kota Magelang diawali dengan kegiatan simulasi pembelajaran tatap muka di 17 sekolah, pada Senin (13/7/2020). Jika diizinkan, per 1 Agustus sejumlah siswa sudah belajar di sekolah dengan aturan ketat.

Kepala SMP 1 Magelang, Nur Wiyono mengutarakan, dalam simulasi ini dihadirkan siswa dari dua kelas, yakni kelas 8 dan 9 masing-masing sebanyak 16 siswa. Mereka menjalani simulasi mulai dari kedatangan ke sekolah hingga pembelajaran di kelas.

“Anak-anak ke sekolah sudah harus memakai masker dan face shield. Anak-anak juga membawa bekal sendiri, karena kantin kita tutup dulu. Sementara waktu belajar 30 menit per pelajaran. Kalau diizinkan per 1 Agustus nanti sehari ada empat pelajaran,” ucapnya dilansir dari website resmi Pemkot Magelang, Selasa (14/7/2020).

Dia menyebutkan, dilihat dari berbagai instrumen verifikasi kesiapan yang diinstruksikan dinas, sekolahnya dinyatakan siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Instrumen mulai dari surat keputusan (SK) Kepala Sekolah tentang tim gugus sekolah tangguh sampai persiapan orang tua dan murid.

“Instrumennya banyak dan kami sudah memenuhi itu semua. Artinya, kami siap menyambut kenormalan baru di satuan pendidikan Kota Magelang,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Agus Sujito mengatakan, simulai sebagai persiapan sebelum pembelajaran tatap muka dibuka kembali pada era adaptasi baru saat pandemi Covid-19. Kegiatan dimulai dari SMPN 1 Kota Magelang, Senin (13/7/2020) dan akan digelar bergantian di sekolah yang ditunjuk lainnya, yakni TK Negeri Pembina. Lalu SD Kedungsari 1, SD Magelang 7, dan SD Magersari 2 dan 13 SMP.

“Kalau situasinya nanti memungkinkan pembelajaran tatap muka, maka kita sudah siap dengan sistemnya. Utamanya kita menerapkan prosedur protokol kesehatan yang ketat,” ujar.

Simulasi dimulai dari pelajar datang ke sekolah. Mereka terlebih dahulu mencuci tangannya dengan sabun, lalu dicek suhu tubuhnya oleh petugas. Di ruang kelas, tempat duduk sudah diatur, yakni satu meja satu kursi.

“Kalau normalnya 32 siswa per kelas, di masa transisi atau new normal ini hanya separuhnya, yakni maksimal 16 siswa per kelas. Sistemnya bergantian, anak-anak sehari belajar di sekolah sehari di rumah,” katanya.

Awal tahun ajaran baru 2020/2021, katanya, secara resmi sudah dimulai Senin (13/7/2020). Hanya saja, masih menggunakan sistem daring, karena tatap muka belum diperbolehkan. Di tahun ajaran baru ini, sekolah dan guru dituntut meningkatkan sistem pembelajarannya dibanding sebelumnya.

“Awal penerapan belajar dari rumah memang banyak kendala. Tapi seiring perjalanan waktu bisa teratasi dan kami harap ke depan pelaksanaan jauh lebih baik. Guru bisa gunakan berbagai jenis media, seperti WA group, video call, google class room, zoom, dan lainnya,” ucapnya.

Khusus untuk PAUD, guru wajib menjadwalkan kunjungan ke rumah siswa. Dalam kunjungan ini pun harus menerapkan protokol kesehatan, yakni pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

“Sebulan sekali guru mengunjungi muridnya di rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Disadur dari iNews.id

Tahun Ajaran Baru Pandemi Virus Corona Kota Magelang


Loading...