Sebanyak 16 Pedagang Pasar Abian Timbul di Denpasar Menolak Mengikuti Tes Swab, Takut Dinyatakan Positif

Sebanyak 16 Pedagang Pasar Abian Timbul di Denpasar Menolak Mengikuti Tes Swab, Takut Dinyatakan Positif
(iNews.id/Aris Wiyanto : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 13 Juli 2020 11:31 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 16 pedagang Pasar Abian Timbul di Denpasar, Bali menolak mengikuti tes swab. Penolakan tersebut karena mereka takut dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

"Hari ini sedianya dilakukan swab. Mereka datang berduyun-duyun sepakat mengatakan tidak mau melakukan (tes swab)," ujar Dirut Perumda Pasar Sewaka Dharma, Anak Agung Yuliarta di Denpasar, Senin (13/7/2020).

Dia menerangkan, penolakan belasan pedagang tersebut disertai berbagai alasan. Salah satunya karena mereka khawatir bila ternyata positif terjangkit Covid-19 dan harus menjalani karantina, maka tidak ada yang menopang perekenomian dan mengurusi kebutuhan hidup keluarga mereka.

"Alasannya menolak apa? Ada yang bilang, pertama, 'kalau nanti positif, siapa yang mengurus keluarga saya di rumah?" ujarnya.

Ada juga pedagang yang beralasan masih sakit hidungnya setelah beberapa hari sebelumnya sudah menjalani tes swab. Bahkan menurutnya, para pedagang tersebut mempertanyakan balik tentang pelaksanaan tes swab massal kepada pedagang pasar.

"Masih ada yang tanya juga, 'ini swab ide siapa?' Akhirnya kami jelaskan kalau (swab) ini perintah undang-undang kesehatan," tuturnya.

Atas penolakan tersebut, pengelola pasar sudah meminta bantuan polisi dan Bhabinkamtibmas setempat untuk membujuk para pedagang mau mengikuti tes swab.

Pengelola pasar juga sudah menjadwalkan tes swab susulan pada Selasa (14/7) besok, bagi belasan pedagang yang menolak ini. Bila masih menolak, pengelola akan menutup lapak pedagang pasar tersebut.

"Rencana kita akan tes swab susulan," ujarnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Tes Swab Pasar Abian Timbul Denpasar


Loading...