Masyarakat di Kota Banjarmasin Mulai Mematuhi Protokol Kesehatan, mencegah Penyebaran Virus Corona

Masyarakat di Kota Banjarmasin Mulai Mematuhi Protokol Kesehatan, mencegah Penyebaran Virus Corona
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 13 Juli 2020 08:56 WIB

Terasjabar.id - Masyarakat di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mulai mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan mencuci tangan di banyak tempat yang tersedia, Minggu (12/7/2020). Tujuannya untuk mencegah penularan virus corona.

"Kalau ke pasar wajib pakai masker. Takut terpapar corona saat mendesakkan sewaktu transaksi jual beli," ucap warga Norjanah.

Perempuan yang ditemui di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin itu, mengaku masker menjadi benda wajib yang dipakainya setiap bepergian keluar rumah.

Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan para pedagang. Sejumlah toko nampak menyediakan tempat cuci tangan dan mewajibkan pembeli menggunakan masker.

"Banjarmasin sekarang zona merah. Bahkan disebut-sebut beberapa kelurahan sudah zona merah kehitam-hitaman. Jadi kami meningkatkan kewaspadaan agar tak mudah terpapar," kata pedagang pakaian, Nurul Huda di Pasar Sudimampir Banjarmasin.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Penanganan COVID-19 Kalimantan Selatan Muhammad Muslim mengatakan protokol kesehatan menjadi sikap wajib yang harus diterapkan semua orang saat ini.

"Kalsel kini menempati urusan enam provinsi di Indonesia untuk kasus tertinggi per tanggal 10 Juli yaitu 3.990 orang terkonfirmasi positif dengan meninggal dunia 211 orang. Fakta tingginya penyebaran kasus ini harus disadari masyarakat bahwa rentannya kita terpapar jika tak mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Dia menegaskan berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah bukan berarti masyarakat menjadi bebas dan seolah-olah penyebaran Covid-19 sudah berakhir.

"Justru di masa transisi menuju normal baru sekarang kita harus siap hidup di tengah ancaman COVID-19 yang tidak tahu kapan bisa melandai penyebarannya," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan Protokol Kesehatan


Loading...