GTPP Covid-19 Riau Mencatat Sebanyak 217 Pasien Positif Virus Corona Dinyatakan Sembuh

GTPP Covid-19 Riau Mencatat Sebanyak 217 Pasien Positif Virus Corona Dinyatakan Sembuh
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 12 Juli 2020 13:48 WIB

Terasjabar.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau mencatat sebanyak 217 pasien sembuh dari virus Corona. Sedangkan 11 pasien masih harus menjalani perawatan.

"Sejak awal pandemi Corona, total pasien Covid-19 di Riau mencapai 239 orang. Dari jumlah itu, 217 pasien telah sembuh, dan 11 lainnya meninggal dunia, yang dirawat masih 11 orang," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, Syahrial Abdi, Minggu (12/7).

Dia mengatakan, ada penambahan 1 kasus pasien positif Covid-19 di Riau. Pasien tersebut merupakan warga Pekanbaru, pemuda inisial MT (20).

"Pasien penambahan baru itu sudah diisolasi dan mendapatkan perawatan di rumah sakit rujukan pemerintah di Pekanbaru," jelasnya.

Pasien MT diketahui tertular virus corona pada saat dirinya melakukan rapid tes secara mandiri untuk keperluan perjalanan ke Jakarta. Rapid tes itu dilakukan di salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru, dan hasilnya reaktif, pada tanggal 7 Juli 2020 lalu.

Kemudian pada tanggal 9 Juli, dilakukan swab terhadap MT. Ternyata hasilnya terkonfirmasi positif virus corona. Tim gugus tugas belum mengetahui riwayat penularan MT.

"Karena pasien MT tidak pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit, dan juga tidak pernah melakukan kontak dengan pasien positif lainnya," terangnya.

Sementara itu, Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi, meminta masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap. Sebab, saat ini semakin banyak ditemui Orang Tanpa Gejala (OTG) yang positif Corona.

"Pasien positif Corona di Riau ke 239 hari ini, yakni MT (20) adalah salah satu contoh OTG. Ia diketahui positif corona setelah melakukan rapid test untuk syarat pergi ke Jakarta dan hasilnya reaktif," katanya.

Dari hasil penelitian rapid test, kemudian langsung dilakukan pemeriksaan sampel swab. Saat itulah baru diketahui bahwa MT positif corona, meskipun sebelumnya tidak memiliki gejala.

"Jadi cara untuk mencegah tertular virus corona yakni dengan menggunakan masker. Apalagi saat ini sudah dibedakan, mana yang positif corona dan mana yang tidak. Karena dengan menggunakan masker saja, sudah bisa mencegah penyebaran virus corona hingga 70 persen, masker kain juga bisa dipakai," tandasnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Pasien Sembuh GTPP Covid-19 Riau


Loading...