Pandemi Virus Corona, Hari Raya Iduladha Tinggal Beberapa Hari Lagi, Panduan Menyembelih, Mengurus Hingga Membagikan Hewan Kurban

Pandemi Virus Corona, Hari Raya Iduladha Tinggal Beberapa Hari Lagi, Panduan Menyembelih, Mengurus Hingga Membagikan Hewan Kurban
Ilustrasi (Pondok Pesantren Lirboyo : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 12 Juli 2020 13:23 WIB

Terasjabar.id - Hari Raya Iduladha atau Lebaran Idulkurban tinggal beberapa hari lagi, nih.

Sudah punya hewan kurbannya belum?

Eits, bagi warga Karawang yang hendak menyembelih hewan kurban mesti memperhatikan aturannya dahulu, ya.

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Karawang, dr Fitra Hergyana mengatakan persyaratan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Agama Nomor. 18 tahun 2020 tentang Penyembelihan Hewan Kurban.

"Salahsatunya, ya, soal mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan. Jadi, hanya panitia dan pihak yang berkurban yang diperbolehkan hadir," kata dia, Minggu (12/7/2020).

Bagi warga masyarakat yang ingin melihat prosesi penyembelihan hewan kurban tidak diperbolehkan lantaran guna mengurangi kerumunan di lokasi.

Kemudian, hal selanjutnya ialah pemotongan hewan kurban ini dilakukan di area yang luas, untuk mempermudah penyelenggara mengatur jarak fisik.

"Pendistribusian daging kurbannya juga dilakukan oleh panitia dengan mengantarkannya ke rumah mustahik atau yang berhak menerima daging," ucapnya.

Ia menamabahkan, mesti ada jarak antarpanitia saat pemotongan, pengulitan, pencacahan, dan pengemasan daging.

Selain itu, ada persyaratannya juga bagi panitia kurbannya, yakni pengecekan suhu tubuh, menggunakan sarung tangan, membawa alat atau disediakan alat bagi masing-masing panitia, serta wajib mengenakan kaos lengan panjang.

"Panitia wajib pastikan alatnya itu bersih saat melakukan kegiatan proses penyembelihan kurban hingga pencacahan," katanya.



Disadur dari Tribunjabar.id

Hari Raya Iduladha Hewan Kurban Pandemi Virus Corona


Loading...