Sebanyak 44 Warga Dinyatakan Reaktif Setelah Melakukan Rapid Test Gratis yang Digelar Pemprov Sulsel

Sebanyak 44 Warga Dinyatakan Reaktif Setelah Melakukan Rapid Test Gratis yang Digelar Pemprov Sulsel
(Leo Muhammad Nur/iNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 12 Juli 2020 09:21 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 44 warga dinyatakan reaktif setelah melakukan rapid test gratis yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Rapid test ini digelar dari Senin (6/7/2020) hingga Jumat (10/7/2020). Secara keseluruhan, rapid test ini telah diikuti 2.039 peserta dan total hasil pemeriksaan dinyatakan reaktif 44.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, bagi yang hasilnya reaktif maka langsung diberikan edukasi, disampaikan bagaimana bahayanya virus ini, memutus mata rantainya dan menghindari penularan ke orang lain.

Termasuk pilihan apakah akan melakukan isolasi madiri atau ikut program karantina yang diberikan Tim Gugus Covid-19 Sulsel melalui Program Duta Covid-19.

"Pasien harus diisolasi, isolasinya mandiri atau ikut Duta Covid-19, itu tawarannya. Tetapi bagi yang mau tetap isolasi rumah, kita harus tinjau rumahnya. Tim Gugus lihat kondisinya, jika tidak memungkinkan harus masuk ke Duta Covid-19," kata dia Sabtu (11/7/2020).

Nurdin melanjutkan, untuk yang dinyatakan Positif Covid-19, maka harus dilakukan pemeriksaan lanjutan Swab PCR terlebih dahulu.

Menurut dia, program ini hadir sebagai upaya untuk melakukan testing masif untuk menemukan warga yang terpapar. Tak hanya itu, tes ini sebagai solusi masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatan terkait Covid-19 dan membutuhkan bukti surat keterangan bebas Covid-19 untuk digunakan untuk keperluan ke luar Kota Makassar atau daerah lain di Indonesia

"Pokoknya masyarakat ada pilihan, silahkan datang kalau mau gratis datang ke Jalan Masjid Raya ke Gedung PKK dan ke Dinas Kesehatan Sulsel, sekarang ada juga di Bandara, makanya kita buka itu," kata Nurdin Abdullah, Kamis, 9 Juli 2020 lalu.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Pemprov Sulsel Rapid Test


Loading...