13 Juli 2020 Menjadi Awal Tahun Ajaran Baru, Ini Keputusan Pemkot Cimahi Mengenai KBM Tatap Wajah

13 Juli 2020 Menjadi Awal Tahun Ajaran Baru, Ini Keputusan Pemkot Cimahi Mengenai KBM Tatap Wajah
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 11 Juli 2020 13:27 WIB

Terasjabar.id - Berdasarkan keputusan Wali Kota Cimahi, tanggal 13 Juli 2020 dijadwalkan sebagai awal tahun ajaran baru.

Meskipun berdasarkan jadwal kalender akademik yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kota Cimahi pada hari tersebut menjadi awal ajaran baru, tapi Pemerintah Kota Cimahi belum melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap wajah.

"Pertama, kami pasti mengikuti arahan pusat, belum berani membuka sekolah karena kondisinya masih seperti ini," kata Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna, di Kantor Kelurahan Cipageran Cimahi, Sabtu (11/7/2020).

Ajay menjelaskan, bahwa pihaknya masih melaksanakan KBM secara daring (online). Rencananya, proses KBM akan dilakukan pada Desember 2020 atau Januari 2021 mendatang.

Pelajar di jenjang SD, SMP, dan SMA yang sudah lolos tahap seleksi, maka jadwal daftar ulang dilakukan sejak 9 Juli hingga 11 Juli 2020.

Aktivitas belajar dilakukan dari rumah dengan mengikuti peraturan yang sudah ditentukan pemerintah dan juga pihak sekolah masing-masing.

Setelah beberapa bulan melewati masa belajar dari rumah sampai kenaikan kelas, akhirnya dirilis jadwal baru dari pemerintah.

Ya, seperti diketahui, setelah libur kenaikan kelas, kegiatan belajar mengajar (KBM) akan dilanjutkan kembali.

Pemerintah memutuskan jadwal masuk sekolah tahun ajaran baru 2020/202i dimulai pada 13 Juli 2020.

Awal Tahun Ajaran 2020/2021

Awal tahun ajaran 2020/2021 ditandai dengan kegiatan pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi para siswa baru.

Mengingat pandemi Covid-19 yang masih mengancam kehidupan bangsa, oleh karenanya, pelaksanaan MPLS boleh dilaksanakan secara online.

Namun, materi yang diperkenalkan kepada siswa baru adalah materi teoritis.

Sedangkan materi yang membutuhkan pengalaman di sekolah akan disampaikan ketika pandemi Covid-19 telah berlalu dan sekolah sudah diizinkan berjalan sebagaimana biasanya.

Adapun MPLS direncanakan tanggal 13-15 Juli 2020, dengan mengikuti kebijakan pemerintah new normal, harus dirancang beberapa alternatif online (daring) pelaksanaan MPLS.

Yang biasa digunakan dalam moda daring adalah media sosial Facebook, WhatsApp, Telegram, Instagram, Twitter, blog, YouTube , Zoom, dan masih banyak lagi.

Yuk Download Semua Keperluan MPLS di Sini

Informasi ini tentu saja akan sangat berguna bagi Anda sebagai orang tua siswa, atau pun Anda sebagai siswa baru.

Materi MPLS tahun ajaran baru tersedia di link di bawah ini.

Silakan Anda download materi MPLS lengkap di sini:

>>> Materi MPLS TP 2020/2021 <<<

Selain itu, Anda juga bisa men-download buku saku panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19 Pada link di bawah ini :

>>> Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TA 2020/2021 <<<

Demikian informasinya, semoga bisa membantu Anda.

Semoga keadaan cepat membaik dan kegiatan belajar-mengajar bisa dilaksanakan di sekolah lagi. (Tribunjabar.id)




KBM Cimahi Tahun ajaran Baru


Loading...