Waspada, Virus Corona Kemungkinan Bisa Menular Lewat Udara, Ruangan Tertutup Berisiko Tinggi,

Waspada, Virus Corona Kemungkinan Bisa Menular Lewat Udara, Ruangan Tertutup Berisiko Tinggi,
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 11 Juli 2020 12:12 WIB

Terasjabar.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengakui kemungkinan virus Corona bisa menyebar melalui udara atau airborne transmission.

Pakar epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan hal itu sangat mungkin terjadi selain penularan melalui semburan yang sifatnya droplet.

Dia menjelaskan bahwa penularan lewat udara bisa lebih berisiko saat seseorang berada di sebuah ruangan tertutup, ruang yang tidak memiliki sirkulasi udara atau tak memiliki ventilasi udara.

"Dimungkinkan kalau di dalam ruangan yang sirkulasinya atau ventilasinya buruk, nah ini yang menjadi problem," katanya dalam diskusi Trijaya bertajuk 'Covid-19 dan Ketidaknormalan Baru', Sabtu (11/7/2020).

Pandu mengimbau masyarakat untuk tidak masuk ke dalam gedung yang tidak memiliki ventilasi.

Ia juga menyebut semua tempat yang memiliki ruangan dengan sirkulasi buruk berpotensi menjadi tempat penyebaran Covid-19 melalui udara.

Termasuk rumah dengan sirkulasi udara yang buruk berpotensi menjadi penyebaran Covid-19 jika ada seorang anggota keluarga yang terinfeksi Corona.

Karena itu, hal ini harus menjadi evaluasi semua pihak bagaimana untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona.

Masyarakat juga diminta untuk terus menjngkatkan kewaspadaaan terhadap Covid-19.

"Dengan adanya, WHO akhirnya bahwa kemungkinan ada penularan melalui aero transmission ini sebenarnya mengesahkan atau memperkuat kita harus selalu menggunakan masker di luar gedung maupun di dalam gedung," ucapnya.

"Itu yang harus kita waspadai bahwa di dalam ruangan tertutup itu risikonya lebih tinggi dari pada di ruang terbuka," pungkasnya.(Tribunjabar.id)


Virus Corona Udara Resiko WHO


Loading...