Salat Iduladha Masih di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Anjuran Pemprov Jawa Barat

Salat Iduladha Masih di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Anjuran Pemprov Jawa Barat
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 11 Juli 2020 10:38 WIB

Terasjabar.id - Pelaksanaan Hari Raya Iduladha tahun ini, serupa Hari Raya Idulfitri, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi Covid-19. Masyarakat diimbau terapkan protokol kesehatan, baik saat pelaksanaan salat Iduladha maupun proses penyembelihan hewan kurban.

Tujuannya cegah penularan Covid-19.

Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Setda Provinsi Jawa Barat (Jabar), Barnas Adjidin, mengimbau warga lanjut usia (lansia) dan anak-anak tidak melaksanakan salat Iduladha berjemaah di lapangan atau masjid karena rawan terinfeksi Covid-19.

"Pelaksanaan salat Iduladha harus sesuai dengan syariat Islam dan menerapkan protokol kesehatan," kata Barnas di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (10/7/2020).

Terdapat sejumlah protokol yang mesti dipenuhi dalam pelaksanaan salat Iduladha.

Pertama, pintu masuk tempat salat harus terpusat, supaya semua jemaah dapat dicek suhu tubuhnya.

Kemudian, jemaah harus memakai masker selama salat Iduladha berlangsung.

Sebelum masuk ke tempat salat, jemaah wajib mencuci tangan dengan sabun ataupun menggunakan hand sanitizer.

Barnas merekomendasikan kotak amal disimpan di satu titik dan tidak dikelilingkan kepada jemaah.

"Para jemaah harus membawa perlengkapan sajadah dari rumah. Lalu berikutnya dalam pelaksanaan nanti harus jaga jarak minimal satu meter," ucap Barnas.

Protokol kesehatan yang ketat pun harus diterapkan saat proses penyembelihan hewan korban.

Penyembelih harus memakai masker dan sarung tangan, baik saat menyembelih maupun merecah daging hewan kurban.

Barnas menekankan, tidak boleh ada kerumunan saat prosesi penyembelihan. Maka itu, ia meminta hanya orang yang berkurban yang diperbolehkan melihat proses penyembelihan hewan kurban.

"Penyerahan daging hewan kurban juga tidak boleh membuat kerumunan. Petugas diharapkan mengantarkan langsung daging hewan kurban kepada mustahik," katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar, Rahmat Syafei, mengatakan, guna menghindari kerumunan, penyembelihan hewan kurban dilakukan secara bertahap. Sebab, pelaksanaan penyembelihan dapat dilakukan selama empat hari pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Zulhijah.

"Dalam kondisi sekarang (pandemi Covid-19), MUI mengimbau dan memang harus mengikuti protokol kesehatan. Penyembelihan harus sesuai syariat. Jangan ada kerumunan saat penyembelihan," kata Rahmat.

Iduladha diprediksi jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. (Tribunjabar.id)



Salat Idul adha Covid 19 Jabar


Loading...