Secapa TNI AD di Bandung Jawa Barat Menjadi Klaster Baru Virus Corona, DPR Usul Sekolah Berasrama Rutin Dicek

Secapa TNI AD di Bandung  Jawa Barat Menjadi Klaster Baru Virus Corona, DPR Usul Sekolah Berasrama Rutin Dicek
Ilustrasi (Grid.ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 10 Juli 2020 13:16 WIB

Terasjabar.id - Secapa TNI AD di Bandung, Jawa Barat, menjadi klaster baru Covid-19. Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melkiades Laka Lena, mengusulkan pemerintah rutin mengecek semua sekolah asrama satu kali seminggu untuk mencegah penyebaran corona.

"Kami usulkan untuk semua sekolah atau komunitas berasrama secara rutin seminggu atau dua minggu dilakukan pengecekan oleh pengelola atau pendidik dibantu oleh Pemda atau gugus tugas sehingga pelajaran kasus secapa TNI AD bisa dihindari di waktu mendatang," kata Melki, Jumat (10/7).

Dia menambahkan, pemberlakuan protokol kesehatan di sekolah atau pelatihan berasrama seperti pesantren, seminari, atau secapa TNI AD yang sekarang mengalami klaster terbesar harus dilakukan ketat dan disiplin.

"Potensi penularan satu komunitas sekaligus sangat mungkin terjadi jika salah satu anggota komunitas terkena Covid-19," kata dia.

Melki melanjutkan, lingkungan yang tertutup dan interaksi rutin setiap hari dari semua anggota peserta didik dan pendidik selama 24 jam sehari, selama berminggu minggu atau berbulan-bulan perlu diantisipasi dengan ekstra ketat.

Kemudian, protokol kesehatan harus dibuat lebih detail, jelas dan konkrit dan harus diberlakukan jauh lebih ketat dan disiplin. Jaga jarak, cuci tangan memakai sabun, pakai masker harus jadi kebiasaan dalam hidup sehari-hari.

"Pengecekan secara acak dan berkala melalui rapid test atau PCR/ TCM tentunya rutin dilakukan secara periodik seminggu atau dua minggu sekali untuk memastikan apakah komunitas asrama masih aman atau ada yang terjangkit," tandasnya.

Disadur dari Merdeka.com 

Pandemi Virus Corona Secapa TNI AD Bandung Jawa Barat


Loading...