Idul Adha Hanya Tinggal Tiga Minggu Lagi, Walikota Bandung Meminta Warga Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Idul Adha Hanya Tinggal Tiga Minggu Lagi, Walikota Bandung Meminta Warga Tetap Terapkan Protokol Kesehatan
(Tribun Jabar/Cipta Permana : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 10 Juli 2020 07:47 WIB

Terasjabar.id - Walikota Bandung Oded M Daniel yang biasa dipnggil Mang Oded berpesan kepada warga Bandung yang merayakan Idul Adha tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mulai dari pelaksanaan shalat Idul Adha, pembelian hewan kurban, pemotongan, sampai penyerahan daging kurban kepada masyarakat.

Mang Oded berpesan pada saat melaksanakan salat Idul Adha hendaknya tetap menerapkan jaga jarak, tertib saat memasuki tempat salat begitu pula saat bubar, tetap menjaga jarak. Artinya protokol kesehatan tetap dijalankan dengan baik.

Pesan lain dari Mang Oded adalah hewan qurban yang dibeli hendaknya yang sehat secara hewani dan secara syar'Kata i juga cukup. Pada saat pemotongan hendaknya diperhatikan pelaksanaanya, misal saat memotong dan menmecah daging tidak saling pinjam kapak. Para petugas juga menggunakan sarung tangan dan syarat protokol kesehatan lainya.

Seperti dipesankan Mang Oded bahwa pada saat membeli hewan kurban harus cukup hati-hati. Jangan sampai memilih hewan kurban yang tidak sehat atau justru tidak sesuai syariat Islam.

Mang Oded sudah menginstruksikan kepada jajarannya, dalam hal ini dinas terkait agar mulai memeriksa kesehatan hewan kurban.

Ada beberapa tips agar masyarakat bisa memilih hewan kurban yang layak dipilih untuk merayakan Idul Adha.

Pertama lihat dari umur, giginya. Kemudian badanya (bulu) mulus, dan buah zakarnya turun semua, ke empat kakinya dalam keadaan normal.

Meski hewan kurban sudah mengantongi surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari pemerintah daerah tempat asal hewan, namun pemeriksaan kesehatan hewan tetap dilakukannya.

Alasannya, ada kemungkinan hewan mengalami sakit saat dalam perjalanan tempat asal hingga tiba di Bandung.

Pemeriksaan yang diperlukan agar hewan kurban benar-benar sehat sebelum dipotong adalah bebas penyakit anthrax.

Untuk mengetahui sehat tidaknya hewan kurban, petugas mengambil Sampel darah, kemudian diuji apakah layak dijadikan hewan kurban atau tidak.



Disadur dari Tribunjabar.id

Pandemi Virus Coron Perayaan Idul Adha Walikota Bandung Hewan Kurban


Loading...