Klaster Covid-19 di Secapa AD Hegarmanah Kota Bandung Langsung Ditangani TNI AD

Klaster Covid-19 di Secapa AD Hegarmanah Kota Bandung Langsung Ditangani TNI AD
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Kamis, 9 Juli 2020 14:32 WIB

Terasjabar.id - Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad, mengatakan klaster penyebaran Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Kota Bandung, sudah ditangani pihak TNI AD.

"Jadi mengenai apa yang di lembaga pendidikan TNI, bahwa itu ditangani langsung oleh pihak TNI, termasuk pelacakan, gimana tindak lanjutnya seperti apa," kata Daud di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (9/7).

Pihak TNI sendiri dinilai sangat mengerti dan cepat dalam pelacakan kontak pasien positifnya. Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, katanya, terus memantau perkembangan penanganan penyebaran Covid-19 di klaster tersebut.

"Jadi tindak lanjutnya, terus memantau dari Gugus Tugas dan kita yang jelas bahwa ya kita harus waspada saja lah masyarakat," tuturnya.

Sama seperti kasus penyebaran Covid-19 lainnya, katanya, angka orang yang positif dari klaster tersebut diumumkan juga oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di ringkat nasional dan masuk dalam pendataan Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar atau Pikobar.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan tes masif Covid-19 kepada sekitar 23 instansi pendidikan kemiliteran di Jawa Barat selama dua pekan ke depan. Hal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti adanya ratusan orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Secapa AD di Kota Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani, mengatakan pengetesan Covid-19 di institusi pendidikan kemiliteran tersebut sesuai dengan arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam rapat evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Selasa (7/7).

"Institusinya saat ini, baru yang teridentifikasi itu adalah di Sukajadi. Di Secapa Sukajadi. Kemudian juga saat ini sudah dilakukan pemeriksaan, mulai dari rapid test kemudian dari rapid test itu juga sudah di-swab oleh tim dari Kesdam. Sudah dilakukan isolasi termasuk dilakukan terhadap satu area sekolah tersebut," kata Berli saat ditemui di Gudang BULOG Jabar, Rabu (8/7).

Dari satu sekolah tersebut, katanya, diperkirakan ada lebih dari 200 orang yang dinyatakan positif Covid-19, sebanyak delapan orang di antaranya sudah dirawat di RS Dustira Kota Cimahi dan sebagian lagi di RSPAD Gatot Soebroto.

"Jumlah yang terkena kemarin memang kita masih belum fiks ya, karena masih belum selesai pemeriksaan. Diperkirakan di atas 200 yang terpapar dan kami melakukan antisipasi termasuk juga untuk isolasi," katanya.

Kemudian, kata Berli, pihaknya melakukan tindakan desinfektan di lingkungan sekolah tersebut, termasuk juga melakukan penelusuran epidemiologis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dari TNI, Dinas Kesehatan Kota Bandung, dan dari puskesmas di wilayah setempat bersama Dinkes Provinsi Jabar.

Berli mengatakan telah melakukan penanganan di klaster baru penyebaran Covid-19 di Jawa Barat tersebut dalam lima hari terakhir dan jumlah kasus positifnya masih terus bertambah. Penambahan jumlah kasus terbanyak dari klaster tersebut, katanya, pada 6 Juli 2020, saat penambahan kasus harian Covid-19 di Jabar mencapai 126 kasus baru.

"Sudah lima hari ditangani, setiap harinya di-updating dan data dimasukan, dan terakhir paling banyak dinyatakan 105 dari 126 penambahan kasus kita di Jabar (pada 6 Juli 2020), 105-nya itu dari sana. Itu bukan hasil rapid test, itu adalah hasil tes swab," kata Berli.

Berli mengatakan selanjutnya akan dilakukan tes masif di 23 sekolah kedinasan militer di Jawa Barat. Hal serupa akan dilakukan terhadap sekolah berbasis asrama lainnya, seperti sekolah kedinasan lainnya, sekolah swasta, sampai pesantren, yang masih melakukan kegiatan belajar di tengah pandemi ini.

Penyebaran kasus Covid-19 di lembaga pendidikan tersebut, katanya, salah satu klaster penyebaran baru di Jawa Barat. Klaster baru lainnya adalah klaster industri PT Unilever di Kabupaten Bekasi dan juga sudah tertangani.

"Kita juga akan melakukan permeriksaan, identifikasi terhadap potensi-potensi penyebaran baik melalui klaster ini maupun juga penyebaran yang ada di masyarakatnya dengan melakukan pengetesan 10.000 per satu minggu. Mudah-mudahan paling lambat minggu depan kita sudah menyelesaikan semua potensi terjadinya klaster penyebaran Covid di Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTTP) COVID-19 Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan saat ini ada dua klaster baru yang sedang ditangani dan terkendali. Dua klaster baru tersebut yakni klaster industri dan klaster institusi pendidikan kenegaraan di Bandung.

Di kedua klaster ini, GTPP telah melacak secara masif dengan hasil yang cukup menggembirakan. Untuk klaster industri diketahui ternyata penularan mayoritas terjadi di tempat kos karyawan yang bekerja pada beberapa pabrik.

"Kita sudah lakukan tracing yang sangat masif karena ternyata dia ngekosnya berkumpul dengan karyawan dari pabrik lain. Tapi alhamdulillah sudah terkendali dari sisi penyebaran tidak terjadi penambahan yang masif," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, saat jumpa pers di halaman Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (7/7).

Sementara untuk klaster institusi pendidikan kenegaraan, Kang Emil tak menyebut nama institusi maupun lokasinya. Namun pelacakan sudah dilakukan bahkan akan sampai pada uji usap (PCR) anggota keluarga yang bersangkutan.

"Tidak satu institusi tapi ada beberapa. Itu juga sudah ditracing dan hari ini sampai minggu depan kita akan lakukan testing PCR kepada keluarganya," ujarnya.

Data dari PIKOBAR per 8 Juli 2020 pukul 08.00 WIB, kasus terkonfirmasi di Jabar 3.779 atau bertambah 79 kasus, dengan positif aktif 1.836 kasus. Sementara yang sembuh 1.763 atau bertambah 45 orang. Meninggal dunia menjadi 180 orang bertambah dua orang. Sementara jumlah PDP yang masih diawasi 1.226 orang dan ODP yang masih dipantau 2.491 orang.

Kang Emil menginstruksikan seluruh kabupaten/kota rutin melaporkan data kasus secara cepat dan transparan karena keputusan GTPP harus selalu berdasarkan data.

"Jadi kalau data daerah belum lengkap cara kita merespons juga kurang optimal. Karena data Jabar ini akumulasi 27 daerah maka saya minta daerah melaporkan data secara cepat dan transparan," katanya.

Gubernur juga meminta daerah untuk meningkatkan sistem pelacakan. Sebab kunci penanganan COVID-19 adalah pelacakan, pengetesan dan isolasi.

"Partisipasi menurut WHO adalah kunci dari pengendalian COVID-19 sehingga kesiapan-kesiapan testing di daerah juga harus diperkuat khususnya dengan tes PCR yang targetnya minimal 10 ribu sampai 15 ribu PCR testing per minggu," kata Kang Emil.

Gugus tugas Jabar dan 27 daerah juga akan memperkuat kampanye di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Hal ini mengingat masih banyak masyarakat yang menganggap AKB adalah kehidupan normal seperti sebelum ada COVID-19.

"Jadi dua minggu ke depan edukasi dalam bentuk video, iklan dan lainnya harus ditingkatkan di level kota/kabupaten dan provinsi terkait AKB ini," tuturnya.

Gubernur menegaskan bahwa Jabar saat ini masih melaksanakan PSBB yakni PSBB proporsional di Bodebek dan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di kawasan non Bodebek.

GTPP juga telah menambah satu lagi tipe tempat rawan COVID-19 yang harus diwaspadai yaitu asrama. Sebelumnya tempat rawan yang jadi bidikan hanya pasar, tempat wisata dan stasiun/ terminal. Untuk itu, dalam dua minggu mendatang GTPP akan fokus juga melakuan pengetesan di asrama-asrama pendidikan.

"Tempat rawan saya tambahi satu tipe dari yang sebelumnya yaitu pasar, tempat wisata, stasiun/ terminal kini ditambah tempat berasrama yang akan menjadi pusat perhatian kita dalam pengetesan dalam dua minggu kedepan," sebut Gubernur.

Langkah ini juga terkait dengan angka reproduksi efektif (Rt) yang masih dinamis. Dalam dua minggu ini dilaporkan Rt Jabar menyentuh angka median 0,91. Walaupun sempat menyentuh angka 0,4, namun dalam rentang waktu dua minggu tersebut juga pernah menyentuh angka 1.(tribunjabar.id)




Virus corona Bandung TNI AD


Loading...