Sudah Diputuskan, Masjid Istiqlal Absen Gelar Salat Iduladha, Bukan Cuma karena Virus Corona

Sudah Diputuskan, Masjid Istiqlal Absen Gelar Salat Iduladha, Bukan Cuma karena Virus Corona
Tribunjakarta
Editor: Malda Hot News —Kamis, 9 Juli 2020 12:33 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah menteri dengan Imam Besar Masjid Istiqlal menggelar rapat tingkat menteri yang dipimpin Menko PMK Muhadjir Effendy, Kamis (9/7/2020). Satu di antara hasilnya, Masjid Istiqlal tidak akan menyelenggarakan pelaksanaan salat Iduladha pada tahun ini.

"Sudah ada diambil kesekapatan tentang penggunaan Masjid Istiqlal. Intinya tahun ini Masjid Istiqlal tidak digunakan salat Iduladha," ujar Muhadjir dalam konferensi pers melalui Zoom, Kamis (9/7/2020).

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengatakan, berdasarkan pertimbangan subjektif dan objektifm,, Masjid Istiqlal belum memungkinkan untuk melangsungkan salat Iduladha.

Saat ini Masjid Istiqlal masih menjalani proses renovasi.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta lakukan penyemprotan disinfektan pada dua tempat ibadah, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta, Rabu (3/6/2020)/dok. Dinas Gulkarmat DKI Jakarta
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta lakukan penyemprotan disinfektan pada dua tempat ibadah, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta, Rabu (3/6/2020)/dok. Dinas Gulkarmat DKI Jakarta (dok. Dinas Gulkarmat DKI Jakarta)

"Objektifnya, kami renovasi. Memang hampir selesai yakni 90 persen. Ada yang belum selesai ada pintu masuknya," kata Nasaruddin.

Dirinya meminta dukungan masyarakat agar renovasi Masjid Istiqlal dapat selesai dengan segera.

Pelaksanaan salat Iduladha tidak memungkinkan karena persiapan yang mepet sementara renovasi belum rampung.

Selain itu, Masjid Istiqlal belum dapat digunakan karena untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kami kedepankan yang wajib baru sunah untuk kemaslahatan semuanya. Kami beri kesempatan supaya Istiqlal bisa sempurna dan tepat waktu, maka dipilih belum bisa menggelar Iduladha," tutur Nasaruddin. (*)

(tribunjabar.id)


Masjid Istiqlal Salat Idul Adha Virus Corona


Loading...