Mendagri Melakukan Kunker Ke Ternate Maluku Utara, Memantau dan Membahas Kesiapan Dalam Pilkada Serentak

Mendagri Melakukan Kunker Ke Ternate Maluku Utara, Memantau dan Membahas Kesiapan Dalam Pilkada Serentak
Ilustrasi (Pikiran Rakyat : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 9 Juli 2020 11:44 WIB

Terasjabar.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja (kuker) ke Ternate, Maluku Utara (Malut) Kamis (9/7/2020) untuk memantau dan membahas kesiapan dalam pilkada. Sesuai jadwal, pilkada serentak di Malut akan diseleggrakan di delapan kabupaten/kota di pada 9 Desember 2020.

Sekretaris Provinsis (Sekprov) Malut, Samsuddin A Kadir mengatakan, selain membahasa pilkada, kunjungan mendagri juga memberi pemaparan materi kepada Bawaslu dan KPU, kepala daerah kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada.

"Tentunya, kehadiran Mendagri di Ternate ini akan menyampaikan berbagai arahan terkait dengan pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19 di delapan kabupaten/kota," katanya, Kamis (9/7/2020).

Selain itu mendagri juga akan memberikan sedikit arahan kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut. Hal ini karena situasi pilkada kali ini masih dilakukan di dalam situasi pandemi.

Dia menambahkan, sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Polda Malut melakukan rapat persiapan dan agenda kuker Mendagri Tito Karnavian. Agenda kuker ini, terkait dengan kesiapan pemilihan kepala daerah di delapan kabupaten/kota.

Dalam kuker, mendagri akan didampingi Dirjen Otonomi Daerah maupun Administrasi Kewilayahan dan termasuk Dirjen Kewenangan Daerah.

"Ada beberapa dirjen yang turut dampingi mendagri dan Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba akan sampaikan beberapa masukan termasuk juga terkait dengan status Kota Sofifi," ujarnya.

Sementara itu, Wakapolda Malut, Brigjen Pol Kukas Akbar Abriari mengakui pihaknya telah menyiapkan kurang lebih 150 personel untuk melakukan pengamanan. Personel akan ditempatkan di beberapa lokasi yang dianggap perlu.

Disadur dari iNews.id

Mendagri ternate Maluku Utara Pilkada Serentak Pandemi Virus Corona


Loading...