Pasien Covid-19 di Sumedang Bertambah, Dijemput Petugas Setelah Salat Ashar Berjamaah di Masjid

Pasien Covid-19 di Sumedang Bertambah, Dijemput Petugas Setelah Salat Ashar Berjamaah di Masjid
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Kamis, 9 Juli 2020 09:42 WIB

Terasjabar.id - Seorang warga yang dipastikan positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang dijemput saat salat Asar berjemaah di masjid. 

Warga yang terpapar virus corona itu berasal dari Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Kepastian didapat setelah hasil swab test keluar.

Pasien tersebut langsung dijemput Public Safety Center (PSC) 119 pada Rabu (8/7/2020) sore, setelah menjalankan ibadah salat Asar disalah masjid di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri, mengatakan, untuk saat ini pasien tersebut sudah mendapat perawatan dan diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang.

"Kami informasikan, bahwa hasil tes swab terhadap warga Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Iwa saat dihubungi Tribun, Kamis (9/7/2020).

Iwa mengatakan, berdasarkan hasil tracing, pasien tersebut telah melakukan perjalanan yang cukup banyak.

Terakhir, dia menjemput ibunya yang tinggal di Depok, untuk persiapan pernikahan kakaknya.

Tujuh hari sebelum resepsi pernikahan, ibu dan kakak pasien tersebut sempat bersilaturahmi ke rumah seorang yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

"Selama tujuh hari tersebut, dia melakukan perjalanan pulang-pergi Sumedang-Bandung dan setelah resepsi pernikahan sang kakak, dia juga melakukan perjalanan ke Tasikmalaya selama satu hari," katanya.

Sepulang dari Tasikmalaya, kata Iwa, yang bersangkutan merasakan gejala sesak, batuk, dan demam serta pegal-pegal. Dia kemudian dilakukan swab test pada hari keempat setelah dia merasakan gejala tersebut.

"Lalu, setelah enam hari, atau tepatnya hasil swab test-nya keluar dan terkonfirmasi posifif Covid-19," ujar Iwa yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfosanditik Kabupaten Sumedang ini.

Dengan adanya kasus baru ini, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang jumlahnya kembali tiga orang dan semuanya diisolasi di RSUD Sumedang.

"Untuk penjemputan (pasien baru) ini dilakukan oleh Tim PSC 119 di masjid, setelah yang bersangkutan melakukan salat Asar berjemaah," ucapnya.

Empat hari yang lalu, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang, hanya tersisa dua orang, yakni pasien nomor 11 asal Kecamatan Tomo dan pasien ke-13 asal Kecamatan Darmaraja. (Tribunjabar.id)


Masjid Covid 19 Salat Ashar Sumedang


Loading...