RSUP Dr Sardjito Menawarkan Tes Eclia Sebagai Metode Untuk Mengecek Virus Corona, Diklaim 80 Persen Akurat Deteksi Corona

RSUP Dr Sardjito Menawarkan Tes Eclia Sebagai Metode Untuk Mengecek Virus Corona, Diklaim 80 Persen Akurat Deteksi Corona
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 9 Juli 2020 09:25 WIB

Terasjabar.id - RSUP Dr Sardjito menawarkan tes Eclia sebagai metode untuk mengecek virus Corona. Tes Eclia ini disebut lebih akurat dan berbiaya lebih murah dibandingkan dengan rapid test.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan menyebut tes Eclia merupakan tes antigen dan antibodi yang mirip dengan rapid test. Hanya saja, tes Eclia menggunakan mesin untuk mengetahui hasilnya sedangkan rapid test memakai diagnosa mata.

Banu menuturkan dengan kelebihan tersebut, tes Eclia dinilai lebih akurat hasilnya dibandingkan rapid test. Termasuk untuk mendeteksi apakah pasien tersebut berpotensi positif virus Corona atau tidak.

"Fungsinya seperti rapid mengetahui kekebalan tubuh maupun imunitas diri pasien. Kalau rapid test kering dibaca diagnosa oleh mata. Tetapi kalau ini tes Sardjito dengan alat. Lebih akurat. Kalau rapid 50 persen ini bisa 80 persen," ujar Banu di RSUP Dr Sardjito, Rabu (8/7).

Banu menuturkan keunggulan tes Eclia selain lebih akurat dibandingkan rapid test juga dinilai lebih murah. Karena menggunakan mesin, sambung Banu semakin banyak jumlah yang dites akan semakin murah.

"Tarif pemeriksaan antibodi itu Rp 135 ribu per orang untuk pemeriksaan kolektif banyak di atas 100 orang. Sistem kerja mesin semakin banyak akan semakin murah. Serum sudah banyak terkumpul di-running bareng,"papar Banu.

Banu menambahkan saat ini meskipun lebih akurat namun tes Eclia belum bisa dijadikan sebagai pelengkap keterangan perjalanan. Pasalnya saat ini maskapai penerbangan maupun kereta api masih mengacu pada hasil rapid test sesuai dengan instruksi gugus tugas.

"Kalau kita berikan untuk keterangan penerbangan misalnya seperti itu tidak mau. Padahal itu fungsinya sama tapi namanya memang bukan rapid. Harusnya di situ protokol berbunyi pemeriksaan antigen antibodi," ungkap Banu. 

Disadur dari MErdeka.com 

RSUP Dr Sardjito Tes Eclia Pandemi Virus Corona Rapid Test


Loading...