Menteri Kelautan dan Perikanan Mengunjungi Pelaku Usaha Ikan Asap di Kabupaten Demak

Menteri Kelautan dan Perikanan Mengunjungi Pelaku Usaha Ikan Asap di Kabupaten Demak
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 8 Juli 2020 13:30 WIB

Terasjabar.id - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengunjungi pelaku usaha ikan asap di Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng). Kunjungan itu merupakan rangkaian dari kunjungan kerja lima hari di Pulau Jawa.

Menteri Edhy berkunjung ke Sentra Pengolahan Ikan Asap Indah di Desa Wonosari, Kecamatan Bonang, Demak. Di kompleks tersebut, terdapat 76 unit pengasapan ikan.

Saat, dia tiba pagi ini, pelaku usaha sudah memulai aktivitas masing-masing. Ada yang memotong-motong ikan, memanggang ikan, ada juga yang sedang menurunkan ikan dari truk.

Menteri Edhy langsung menghampiri satu per satu unit pengasapan dan berinteraksi dengan pelaku usaha di sana. Mereka rata-rata meminta dibuatkan cold storage dan mobil termoking untuk memperlancar produksi.

“Ini sedang kita hitung, Insya Allah bisa kita bantu. Tadi sudah koordinasi juga dengan kepala daerah Demak. Kita akan dorong yang seperti ini,” ujarnya di lokasi, Rabu (8/7/2020).

Keberadaan sentra tersebut, menurut dia, perlu didorong untuk lebih besar lagi, karena akan menyerap tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Di sentra itu, ada sekitar 300 orang yang menggantungkan hidupnya dari aktivitas pengasapan ikan. Dalam sehari, produksi ikan asap di sentra ini bisa mencapai 20-25 ton ikan asap yang dipasarkan ke berbagai daerah di Pulau Jawa.

“Semakin banyak masyarakat yang bekerja, ekonomi negara makin kuat. Demak bersyukur punya seperti ini, perlu kita besarkan,” ujarnya.

Seorang pelaku usaha ikan asap, Hamdan mengaku cold storage dan mobil thermoking dibutuhkan agar produksi di sentra bisa terus berjalan.

Pelaku usaha pengasapan ikan di sentra tersebut selama ini menggunakan mobil thermoking milik tengkulak sehingga menambah ongkos produksi.

Cold storage juga perlu karena kita itu menyimpan ikan. Ikan yang kita olah hari ini, itu datangnya kemarin. Kalau ada cold storage, kualitasnya tetep bagus. Selama ini nyimpen ikannya di box fiber,” kata Hamdan yang sudah sembilan tahun menekuni usaha ikan asap.

Harga ikan asap di Sentra Pengolahan Ikan Asap Indah bervariasi. Yang termahal jenis ikan asap kepala manyung Rp45.000 per kilogram. Selain manyung, ada juga ikan tongkol, salem, lele, dan pari asap. Dalam sehari, Hamdan bisa menjual 200-250 kg ikan asap.

Kunjungan Menteri Edhy di Sentra Pengolahan Ikan Asap Indah didampingi Dirjen PDSPKP Nilanto Perbowo bersama Dirjen KKP lainnya, Wakil Bupati Demak; Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri, Anggota DPR Komisi VIII Abdul Wachid, Anggota Komite II DPD RI Denty Eka Widi, dan para stafsus menteri.

Disadur dari iNews.id

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Kabupaten Demak Jawa Tengah


Loading...