Balibangtan Akan Melakukan Penelitian Lanjutan Terhadap Kandidat Tanaman Untuk Obat dan Antivirus Corona, Kementan Gandeng IDI

Balibangtan Akan Melakukan Penelitian Lanjutan Terhadap Kandidat Tanaman Untuk Obat dan Antivirus Corona, Kementan Gandeng IDI
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 8 Juli 2020 12:43 WIB

Terasjabar.id - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) akan melakukan penelitian lanjutan terhadap kandidat tanaman untuk obat dan antivirus Covid-19. Untuk itu, lembaga riset di bawah Kementerian Pertanian (Kementan) itu menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Menteri Pertanian, Syharul Yasin Limpo mengatakan, dengan kerja sama ini, hasil penelitian Balitbangtan akan diserahkan kepada IDI untuk dilakukan uji klinis dan riset-riset lainnya sesuai prosedur yang ada.

"Sudah lima bulan negara kita diliputi oleh tekanan akibat keberadaan virus. Oleh karena itu. kita tidak diam, apapun akan kita lakukan demi bangsa dan negara," ujar Mentan di kantornya, Jakarta, Rabu (8/7/2020)

Kementan, kata dia, memiliki balai penelitian yang khusus menangani komoditas tanaman obat yang disebut Balai Besar Pascapanen. Selain itu, Balitbangtan mempunyai Balai Besar Veteriner dengan fasilitas laboratorium untuk meneliti virus.

Fasilitas ini, kata Mentan, bisa dimanfaatkan oleh IDI untuk melakukan pengembangan riset dan uji klinis. Dia berharap kerja sama ini dapat mempercepat penelitian tanaman eucalyptus agar bisa dimanfaatkan masyarakat luas.


"Kami memiliki 300-an profesor dan peneliti yang berkompeten, bahkan kami pernah berkontribusi dalam penanganan wabah flu burung. Tidak ada alasan untuk kita tidak membantu negara," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua IDI, Daeng Muhammad Faqih, menilai kerja sama ini akan menciptakan terobosan yang memberikan harapan dan dorongan terhadap Indonesia dalam memerangi wabah virus.

"Dunia kesehatan sebenarnya banyak menggunakan bahan dari Indonesia. Namun sampai sekarang memang belum dibudidayakan untuk dilakukan riset. Untuk itu, kami siap menggali potensi bangsa supaya betul-betul dimanfaatkan di dalam industri kesehatan maupun dalam pelayanan kesehatan," tuturnya.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Kalung Anti Corona Kementan IDI Balitbangtan


Loading...