Advertisement

Peningkatan Kasus Positif Virus Corona, 'Makin Banyak Ditemukan Kasus Positif, Bisa Mengurangi Potensi Penularan' Ujar Wali Kota Denpasar

Peningkatan Kasus Positif Virus Corona, 'Makin Banyak Ditemukan Kasus Positif, Bisa Mengurangi Potensi Penularan' Ujar Wali Kota Denpasar
(Humas Pemkot Denpasar Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 8 Juli 2020 10:33 WIB

Terasjabar.id - Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Mantra menyebut peningkatan kasus positif Covid-19 di wilayahnya justru untuk mengurangi potensi penularan. Masyarakat diminta tidak panik dan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Semakin tinggi kasus, itu artinya semakin banyak kasus yang ditemukan di masyarakat, sehingga dapat mengurangi potensi penularannya," katanya di Denpasar, Senin (7/7/2020) sore.

Dia mengatakan, dengan semakin banyaknya kasus positif yang ditemukan, maka tim Gugus Tugas bisa segera melakukan pemisahan antara warga yang terpapar virus corona dengan yang sehat. Sehingga warga yang sehat bisa kembali beraktivitas dengan aman.

"Semua itu bertujuan agar tidak merugikan satu sama lainnya," tutur pria yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Denpasar ini.

Dia menuturkan, jika penyebaran kasus Covid-19 sudah bisa dideteksi dengan cepat dan terkendali, maka upaya pencegahan penularan virus di masyarakat pun dapat lebih dioptimalkan.

Menurutnya, rapid test massif di Denpasar telah berhasil menemukan banyak kasus Covid-19 di masyarakat. Upaya ini diyakini dapat melindungi warga Denpasar dengan mengurangi angka risiko penularannya di masyarakat.

"Bisa dibayangkan bagaimana kalau tidak ditemukan kasusnya? Itu akan menjadi efek bola salju suatu saat nanti. Hal ini yang harus kita hindari," katanya.

Dia mengatakan, dirinya bersama Gugus Tugas berupaya kerja serius untuk percepatan penanganan, saat penerapan adaptasi kebiasaan baru mulai 9 Juli mendatang. Oleh karena itu, penelusuran agresif yang disertai tes massif serta isolasi atau karantina akan terus digencarkan bersama dengan penerapan disiplin protokol kesehatan.

Dia menjelaskan, saat ini penyebaran Covid-19 di Denpasar paling banyak ditemukan dari klaster pasar, rumah tangga, dan pelaku perjalanan dalam negeri. Gugus Tugas di Denpasar akan terus melanjutkan rapid test massif untuk menemukan lebih banyak kasus positif di masyarakat.

"Jadi pemerintah terus melaksanakan penelusuran dan dilanjutkan dengan tes massif dan pemisahan antara masyarakat yang sehat dan terpapar covid-19 melalui proses isolasi dan karantina," ujarnya.

Melansir data Gugus Tugas Covid-19 Bali, jumlah kasus positif di Denpasar kini mencapai 715 orang dari total 1.940 kasus positif Covid-19 yang tercatat di Bali. Dari jumlah itu, 271 orang sudah sembuh dan 12 orang meninggal dunia. Saat ini masih ada 432 orang dalam perawatan.

Disadur dari iNews.id

Wali Kota Denpasar Pandemi Virus Corona Protokol Kesehatan


Related Post



Loading...