Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTBK-SBMPTN 2020 yang Sedang Belangsung

Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTBK-SBMPTN 2020 yang Sedang Belangsung
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Rabu, 8 Juli 2020 10:08 WIB

Terasjabar.id - Di berita ini ada contoh soal dan kunci jawaban UTBK-SBMPTN 2020 yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki tes UTBK-SBMPTN 2020, tidak ada salahnya jika Anda belajar melalui contoh soal ini.

Mengingat saat ini masih adanya pandemi Covid-19, UTBK 2020 hanya berupa TPS.

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.


Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Contoh Soal TPS UTBK-SBMPTN 2020

Berikut contoh soal TPS UTBK-SBMPTN 2020 lengkap dengan kunci jawabannya yang dikutip dari ltmpt.ac.id:

Contoh 1 Penalaran Umum

Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal 1 sampai dengan 6.

Gunung berapi merupakan salah satu obyek alam yang mengagumkan namun menyimpan kekuatan berapi-api. Di dalamnya, gunung berapi menyimpan berbagai material seperti batuan cair, puing-puing dan gas yang dapat dipancarkan kapan pun. Apabila meletus, gunung berapi mengeluarkan lava, batu, dan abu ke udara yang dapat membahayakan lingkungan sekitarnya. Gunung yang akan meletus biasanya mengalami kenaikan suhu di sekitarnya. Selain itu, terdapat ciri-ciri lain seperti keringnya mata air, suara gemuruh, dan migrasi hewan di sekitar gunung. Beberapa gunung berapi yang tercatat berbahaya adalah Gunung Agung, Gunung Papandayan, Gunung Kelud, Gunung Sinabung, Gunung Krakatau, dan Gunung Merapi.

Indonesia memiliki 127 gunung berapi yang masih aktif. Dari 127 gunung tersebut, sebanyak 69 gunung menunjukkan aktivitas magma di dalamnya sehingga perlu mendapatkan pantauan intensif. Besarnya letusan gunung berapi diukur melalui suatu indeks letusan yang disebut Volcanic Explosivity Index (VEI). Di antara berbagai gunung berapi di Indonesia, Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang memiliki indeks letusan yang termasuk tinggi sehingga mendapatkan perhatian intensif.

Gunung Merapi terletak di sebelah utara kota Yogyakarta. Gunung tersebut memiliki tinggi 1700 meter dan tercatat mengalami erupsi berkali-kali. Beberapa catatan menunjukkan indeks letusan yang tergolong tinggi. Berdasarkan 15 data yang tercatat sejak tahun 1780, setiap kali Gunung Merapi mengalami erupsi akan diikuti masa istirahat sekitar 3-5 tahun. Data letusan Gunung Merapi disajikan pada gambar 1.

(Diadaptasi dari https://www.bbc.com dan Kiswiranti, D. (2015). Analisis Statistik Temporal Erupsi Gunungapi di Indonesia. Berkala Ilmiah MIPA, 23(3).)

Gambar contoh soal UTBK SBMPTN 2020
(ltmpt.ac.id)

1. Berdasarkan paragraf 1, manakah di bawah ini pernyataan yang BENAR?

A. Gunung Agung memiliki mata air yang kering.
B. Gunung Agung mengeluarkan lava yang berbahaya.
C. Gunung Agung berbahaya bagi lingkungan sekitarnya.
D. Gunung Agung memiliki suhu yang lebih tinggi dari gunung lainnya.
E. Gunung Agung menyimpan material yang dapat dipancarkan kapanpun.

2. Berdasarkan paragraf 1, jika gunung berapi tidak mengeluarkan lava, batu, dan abu ke udara, manakah di bawah ini simpulan yang BENAR?

A. Gunung berapi tidak aktif.
B. Gunung berapi tidak meletus.
C. Gunung berapi tidak berbahaya.
D. Gunung berapi tidak mengalami kenaikan suhu.
E. Gunung berapi tidak mengalami kekeringan.

3. Berdasarkan paragraf 1, apabila di suatu gunung berapi terjadi kekeringan mata air, suara gemuruh dan migrasi hewan di sekitar gunung, manakah di bawah ini simpulan yang PALING MUNGKIN benar?

A. Gunung tersebut pernah meletus.
B. Gunung tersebut sedang meletus.
C. Gunung tersebut telah meletus.
D. Gunung tersebut akan meletus.
E. Gunung tersebut baru saja meletus.

4. Berdasarkan paragraf 3, manakah pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar mengenai Gunung Merapi?

A. Akan erupsi secara rutin dan diselingi dengan masa istirahat.
B. Akan erupsi setiap tahun dengan letusan yang tinggi.
C. Erupsi dengan indeks letusan yang lebih kecil daripada sebelumnya.
D. Sebelum tahun 1780 masa istirahatnya kurang dari 3 tahun.
E. Setelah tahun 1780 masa istirahatnya lebih dari 5 tahun.

5. Berdasarkan Gambar 1, pada tahun berapakah Gunung Merapi menunjukkan VEI kedua tertinggi?

A. 1920 dan 1961
B. 1920 dan 1956
C. 1930 dan 1961
D. 1930 dan 2010
E. 1961 dan 2010

6. Berdasarkan Gambar 1, apa yang PALING MUNGKIN terjadi jika setelah tahun 2010 Gunung Merapi meletus?

A. VEI-nya akan sebesar 2.
B. VEI-nya akan sebesar 4.
C. VEI-nya akan lebih rendah dari 2.
D. VEI-nya akan lebih rendah dari 4.
E. VEI-nya akan lebih tinggi dari 4.

Kunci jawaban

1. E
2. B
3. D
4. A
5. C
6. D

Contoh 2 Pemahaman Bacaan dan Menulis

Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

[...]
(1)Penelitian terbaru menyatakan bahwa larva nyamuk yang menelan mikroplastik dapat menyebarkan mikroplastik ke rantai makanan manusia. (2)Diketahui mikroplastik, potongan kecil plastik yang terpecah dari produk buatan manusia, seperti pakaian sintetis, ban mobil, dan lensa kontak, memenuhi lautan dunia saat ini. (3)Karena sulit dideteksi, mikroplastik dapat menimbulkan masalah serius bagi hewan laut.

(4)Baru-baru ini para peneliti dari Universitas Reading menemukan bukti yang menunjukan bagaimana mikroplastik dapat memasuki ekosistem manusia melalui nyamuk dan serangga terbang lainnya. (5)Tim peneliti tersebut mengamati larva nyamuk yang menelan microbeads–jenis mikroplastik yang biasa ditemukan pada produk kosmetik—sebelum mengamati siklus kehidupannya. (6)Mereka menemukan fakta bahwa banyak sekali partikel plastik yang [...] ke tubuh nyamuk dewasa.

1. Judul yang paling tepat untuk melengkapi tulisan di atas adalah …

A. Serangga Pemakan Mikroplastik
B. Bahaya Mikroplastik bagi Tubuh Manusia
C. Penyebaran Mikroplastik oleh Serangga
D. Mikroplastik, Serangga, Makhluk Hidup
E. Cara Baru Penyebaran Mikroplastik

2. Kata berimbuhan yang salah digunakan pada paragraf 2 adalah …

A. menemukan
B. menunjukan
C. memasuki
D. menelan
E. mengamati

3. Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 6 adalah …

A. tergantikan
B. tertransfer
C. berpindah
D. teralihkan
E. berubah

Tulisan berikut diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E).

Setiap suku memiliki ritual tersendiri, mulai dari ritual yang biasa hingga (4)ekstrem, untuk menunjukkan rasa duka akibat kehilangan anggota keluarganya. Bagi suku Dani yang bermukim di (5)papua, kebersamaan sangat penting. Oleh karena itu, saat kehilangan anggota keluarga, mereka akan segera memotong ruas jarinya. Tradisi itu dikenal sebagai Iki Palek.

4.
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. aneh
C. lazim
D. ganjil
E. luar biasa

5.
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Papua
C. Papua
D. “Papua”
E. “Papua

Kunci jawaban

1. C
2. B
3. C
4. A
5. B

Contoh 3 Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Bacalah tulisan berikut. Kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

Sebelum mencapai masa dewasa, anak-anak melewati masa remaja. Masa remaja dimulai dari usia 11 tahun sampai dengan 20 tahun. Setelah masa itu, remaja akan beranjak ke masa dewasa dan mencari jati diri mereka. Masa remaja merupakan fase rawan karena pengaruh baik dan buruk dapat masuk dengan mudah. Oleh karena itu, fase inilah yang nantinya akan menentukan karakter remaja setelah dewasa.

Tidak hanya mengalami perkembangan dari segi fisik, remaja juga mengalami perkembangan psikis yang mengakibatkan emosi mereka bergejolak. Oleh karena itu, remaja harus mampu mengendalikan emosinya, baik di rumah maupun di sekolah, serta di lingkungan masyarakat. Pada masa rawan ini peran orang tua sangat diperlukan agar remaja tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif.

Pendidikan karakter di sekolah dapat membantu para remaja melakukan hal yang positif. Pendidikan karakter mengajarkan para remaja untuk hidup dengan berpegang teguh pada agama dan norma-norma yang berlaku. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi remaja untuk membantu mereka melakukan kegiatan yang positif. Kegiatan remaja yang positif akan memicu perubahan yang positif pula pada dirinya. Jika remaja sebagai generasi penerus berkualitas baik, negara akan maju.

1. Apa lawan makna kata ‘membantu’ di paragraf 3 bacaan di atas?

A. merantai
B. mengikat
C. memasung
D. menghambat
E. membendung

2. Apa gagasan utama paragraf 3 pada bacaan di atas?

A. Masa remaja adalah fase rawan.
B. Remaja perlu melakukan hal-hal yang positif.
C. Pendidikan karakter sangat penting bagi remaja.
D. Orang tua memiliki peran penting bagi remaja di masa pubertas.
E. Remaja mengalami perkembangan fisik dan psikis dengan pesat.

Kunci jawaban

1. D
2. C

Untuk soal Bahasa Inggris dan Pengetahuan Kuantitatif bisa Anda download di sini.

(Tribunjabar.id)


UTBK SBMPTN< Soal Kunci Jawaban


Loading...