Untuk Meningkatkan Imunitas Sehingga Tak Tertular Virus Corona, Ketua GTPP Covid-19 Doni Monardo Dorong Masyarakat Papua Barat Konsumsi Sagu dan Ikan

Untuk Meningkatkan Imunitas Sehingga Tak Tertular Virus Corona, Ketua GTPP Covid-19 Doni Monardo Dorong Masyarakat Papua Barat Konsumsi Sagu dan Ikan
(AJNN : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 8 Juli 2020 09:12 WIB

Terasjabar.id – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Gugus Tugas Nasional) Doni Monardo mendorong masyarakat Papua Barat mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan imunitas sehingga tidak tertular virus corona.

Ia mengungkapkan, di Papua Barat terdapat makanan bergizi seperti sagu. Selain itu, Papua Barat kaya akan ikan laut yang bergizi. Hal itu dikemukakan Doni saat kunjungan kerja ke Manokwari, Papua Barat.

“Di Papua Barat ini banyak makanan yang bergizi antara lain sagu. Sagu adalah makanan yang bergizi,” kata Doni dalam keterangan tertulis, Rabu (8/7/2020).

Menurut laporan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan sebelumnya, satu batang sagu di Papua Barat dapat menghasilkan 50-450 kilogram sagu basah, yang mana menurut estimasi rata-rata dapat mencukupi kebutuhan satu keluarga hingga beberapa bulan.

“Satu batang sagu dapat menghidupi satu keluarga hingga beberapa bulan,” kata Doni mengutip paparan Gubernur Dominggus.

Selain sagu, Doni menganjurkan masyarakat di Papua Barat rutin mengonsumsi ikan laut seperti tuna, kakap, kerapu, cakalang, baramundi, dan jenis ikan lain yang melimpah di Papua Barat. Doni melihat, mengonsumsi ikan laut dapat meningkatkan imunitas tubuh, sebagai benteng pertahanan tubuh dalam melawan virus.

Doni Monardo. (Dok BNPB)

“Ada banyak jenis ikan di Papua Barat ini. Kalau warga Papua Barat mengonsumsi makanan yang berkualitas, saya jamin dapat terhindar dari Covid-19,” tutur Doni.

Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, hal lain yang dapat dilakukan untuk menghindari penyebaran Covid-19 juga dengan meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) penyakit Covid-19 dapat dicegah apabila seseorang memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan imunitas terjaga dengan baik.

Menurut Doni, bebarapa hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, di antaranya rutin berolahraga dan menjaga tubuh tetap bugar. Dalam hal ini, aktivitas olahraga juga dapat menghindarkan diri dari stres yang dapat menyebabkan menurunnya imunitas tubuh.

“Olahraga teratur, istirahat yang cukup dan tidak boleh panik, tidak boleh stres, tidak boleh hatinya risau,” kata Doni.

Disadur dari Okezone.com

Pandemi Virus Corona Papua Barat Doni Monardo


Loading...