Memasuki Pra AKB, Pemkot Bogor Sulap Rusunawa Cibuluh Jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Memasuki Pra AKB, Pemkot Bogor Sulap Rusunawa Cibuluh Jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19
(Sindo/Haryudi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 8 Juli 2020 08:23 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus mempersiapkan berbagai kemungkinan terkait penyebaran pandemi virus corona (Covid-19) meski sudah memasuki pra adaptasi kebiasaan baru (AKB). Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menyebutkan, pihaknya terus mempersiapkan berbagai protokol penunjang seperti menyediakan ruang isolasi eksternal di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Cibuluh.

"Jadi, kami tidak tinggal diam. Kami mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi situasi terburuk (worst condition) nanti," katanya di Bogor, Selasa (7/7/2020).

Dari dua unit Rusun yang merupakan aset milik Pemkot Bogor itu, Dedie mengatakan, mampu menampung kurang lebih 50 pasien positif Covid-19. Pemkot Bogor juga sedang berkomunikasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) agar memberikan izin untuk menggunakan tempat rehabilitasi milik BNN yang berada di Lido, Kabupaten Bogor sebagai tempat isolasi bagi pasien positif Covid-19.

"Iya kami juga sedang berkoordinasi dengan pihak BNN untuk kemungkinan kita bisa memakai aset mereka di Lido, itu rencananya," ujarnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor ini memaparkan, penyiapan berbagai fasilitas itu bertujuan menekan laju penyebaran Covid-19 di Kota Bogor. Dedie meyakini, salah satu senjata ampuh menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Bogor selama masa Pra-AKB ini yakni dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Jadi dilonggarkannya PSBB ini bukan berarti longgar juga protokol kesehariannya tapi malah harus ditingkatkan yaitu dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak," katanya.

Sejauh ini ada 8 rumah sakit rujukan untuk penanganan Covid-19 di Kota Bogor. Penetapan 8 RS rujukan ini merupakan kewenangan penuh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Sebanyak 8 rumah sakit rujukan di antaranya RSUD Kota Bogor, RS PMI, Bogor Senior Hospital, RS Melania, RS BMC, RS Azra, RS Hermina dan RS Medika Dramaga.

Untuk ketersediaan ruang isolasi di RSUD Kota Bogor sejauh ini ada 112 kasur (bed) yang disediakan di gedung blok III, yang merupakan gedung baru milik RSUD Kota Bogor.

Disadur dari iNews.id

Pemkot Bogor Pandemi Virus Corona New Normal AKB


Loading...