Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Menilai Papua Barat Cukup Berhasil dalam Mengandilakan Virus Corona

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Menilai Papua Barat Cukup Berhasil dalam Mengandilakan Virus Corona
(Antara News : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 7 Juli 2020 12:29 WIB

Terasjabar.id - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, menilai Papua Barat cukup berhasil dalam mengendalikan virus corona. Sebab kasus di daerah tersebut tidak sebanyak di provinsi lain.

Doni mengatakan, angka kematian akibat Covid-19 di daerah itu pun rendah, yakni hanya empat orang atau 1,5 persen dari total konfirmasi positif. Jumlah kasus di sana secara akumulatif tercatat 265 pasien positif.

"Dari jumlah itu 184 orang berhasil sembuh dan hanya empat orang yang meninggal dunia," kata Doni saat meninjau penanganan Covid-19 di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Selasa (7/7/2020).

Kasus kematian, lanjut Doni, hanya terjadi di satu daerah, sedangkan 12 daerah berhasil melakukan pencegahan dan penanganan hingga angka kematianya nol.

Kepala BNPB ini menyebut, Papua Barat juga berhasil mempertahankan empat daerah pada zona hijau, yakni Kabupaten Maybrat, Tambrauw, Sorong Selatan dan Pegunungan Arfak.


Sejak awal pandemi hingga saat ini tidak ditemukan konfirmasi positif di empat daerah tersebut. Kemudian ada dua daerah yang bergerak menuju zona hijau, yakni Kabupaten Manokwari Selatan dan Teluk Bintuni.

"Di dua daerah ini 100 persen pasien berhasil sembuh dan sudah hampir satu bulan tidak ada temuan kasus baru," ujarnya.

Monardo berharap upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di ditingkatkan lagi. Dia ingin Papua Barat menjadi contoh nasional dalam pengendalian virus corona nantinya.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Papua Barat Letjen TNI Doni Monardo


Loading...