Gubernur Sumbar Melakukan Evaluasi Terhadap Tatanan Normal Baru, Sekolah di Sumbar yang Berada di Zona Hijau Diizinkan Belajar Tatap Muka

Gubernur Sumbar Melakukan Evaluasi Terhadap Tatanan Normal Baru, Sekolah di Sumbar yang Berada di Zona Hijau Diizinkan Belajar Tatap Muka
(Diskominfo Sumbar Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 7 Juli 2020 12:00 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melakukan evaluasi terhadap Tatanan  Normal Baru Produktif Aman Covid-19 (TNB-PAC19). Salah satu sektor yang dievaluasi adalah sektor pendidikan. Hasil evaluasi itu diketahui sekolah di kawasan zona hijau boleh dibuka.

"Sekolah di kawasan zona hijau boleh dibuka, ciri-ciri dari zona hijau adalah tidak ada penambahan positif dalam satu bulan terakhir. Jika ada yang positif persentase kesembuhan 100 persen serta tidak ada kematian dalam satu bulan," kata Irwan Prayitno di Padang, Selasa (7/7/2020).

Irwan menambahkan, berdasarkan 15 indikator yang dikeluarkan oleh BNPB yaitu mengenai zona, seperti zona merah, orange, kuning dan hijau dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat. Kategori zona hijau adalah, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Dari enam kabupaten/kota zona hijau yang akan membuka sekolah pada tahun ajaran baru nanti, hanya Kabupaten Lima puluh Kota dan kota Payakumbuh menunda sementara dan melihat perkembangan lebih lanjut.

"Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Sawahlunto, Kota Pariaman serta Kabupaten Pasaman Barat menerapkan sistem pembelajaran campuran, yakni tatap muka dan tatap maya," katanya.

Irwan menambahkan, pembelajaran nanti akan dilakukan dengan empat metode. Tatap muka ala new normal, tatap maya, campuran tatap maya dan tatap muka, dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) luring. PJJ luring diperuntukkan untuk daerah yang tidak ada sinyal telekomunikasi, tidak ada listrik serta blank spot.

"Masyarakat kita masih belum disiplin, kita minta terus kepada bupati atau wali kota untuk mengedukasi, menyosialisasikan, agar masyarakat disiplin. Tugas berat kita adalah mendisiplinkan itu," ujarnya.

Irwan mengimbau kepada semua masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Gubernur Sumbar Zona Hijau New Normal Sektor Pendidikan


Loading...