Gempa Bumi Berkekuatan 6,1 Mengguncang Barat Laut Jepara Jawa Tengah, BMKG Mengimbau Warga Untuk Tetap Tenang

Gempa Bumi Berkekuatan 6,1 Mengguncang Barat Laut Jepara Jawa Tengah, BMKG Mengimbau Warga Untuk Tetap Tenang
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 7 Juli 2020 09:16 WIB

Terasjabar.id - Kabupaten Jepara di Provinsi Jawa Tengah pada Selasa pukul 05.54 WIB menghadapi gempa dengan magnitudo 6,1 menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Hingga pukul 06.50 tidak tercatat adanya gempa bumi susulan di wilayah tersebut.

“Hingga Selasa, 7 Juli 2020 pukul 06.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara BMKG, Setyoajie Prayoedhie, Selasa (7/7/2020).

Dia menyampaikan, masyarakat tak perlu panik dan terpengaruh dengan kabar-kabar yang belum tentu kebenarannya. Berdasarkan hasil pemodelan, menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” ujarnya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ucapnya lagi.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Laut Jawa pada Selasa (7/7/2020) pukul 05.54 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M6,1.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,77 LS dan 110,64 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 kilometer arah utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah. Gempa tersebut berada di kedalaman 539 kilometer.

Disadur dari iNews.id

Gempa Bumi Jepara Jawa Tengah Bermagnitudo 6 1 BMKG


Loading...