Gempa bumi yang Berpusat di Jepara Bermagnitudo 6,1 Cukup Dirasakan Warga di Daerah DIY, Bergini Cerita Warga yang Merasakan Gempa Tersebut

Gempa bumi yang Berpusat di Jepara  Bermagnitudo 6,1 Cukup Dirasakan Warga di Daerah DIY, Bergini Cerita Warga yang Merasakan Gempa Tersebut
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 7 Juli 2020 09:12 WIB

Terasjabar.id – Gempa bumi yang berpusat di Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7/2020) pukul 05.54 WIB, cukup dirasakan warga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,1 ini terasa cukup kencang namun tidak lama.

“Lumayan kencang tadi cukup terasa,” kata Budi Utomo salah seorang warga Prambanan, Sleman, Selasa (7/7/2020).

Saat terjadi gempa, Budi mengaku tengah duduk di kursi. Gempa membuat seperti ada goyangan. Untuk memastikan dia melihat air di dalam gelas yang ada di depannya dan nampak bergelombang.

“Saya terus ke luar, dan cek air di kolam juga bergelombang,” katanya.

Warga Kulonprogo Wicaksana mengatakan saat terjadi gempa dirinya masih tiduran di kasur. Lantaran getaran cukup terasa dia bangkit dan lari ke luar rumah.

“Pas tiduran tadi terasa banget, makanya saya lari keluar," ujar katanya.

Meski terasa cukup kencang, tidak semua warga merasakan. Saat kejadian kebanyakan warga sudah melakukan aktivitas sehingga tidak menyadari terjadi gempa.

“Saya tidak merasa, tetapi istri saya tadi yang tahu dan keluar rumah,” kata Waskita, salah seorang warga Bantul.

Sebelumnya, gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 6,1 guncang wilayah Laut Jawa, Selasa (7/7/2020) pukul 05.54 WIB. Pusat gempa di laut pada kedalaman 539 kilometer, berjarak 85 Km arah Utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi terletak pada koordinat 5,77 LS dan 110,64 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 km arah Utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah pada kedalaman 539 km.

Disadur dari iNews.id

Gempa Bumi Jepara Jawa Tengah Bermagnitudo 6 1 BMKG Yogyakarta


Loading...