Menuju Fase New Normal, Empat Daerah di Papua Barat Menjadi Fokus Perhatian Gugus Tugas

Menuju Fase New Normal, Empat Daerah di Papua Barat Menjadi Fokus Perhatian Gugus Tugas
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 7 Juli 2020 09:01 WIB

Terasjabar.id - Empat daerah di Papua Barat menjadi fokus perhatian gugus tugas menuju fase new normal. Sejumlah kabupaten tersebut masuk dalam zona kuning dan hijau penularan Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Papua Barat, Arnoldus Tiniap mengatakan, tiga zona kuning antara lain, Kabupaten Pegunungan Arfak, Tambrauw dan Sorong Selatan. Sedangkan satu yang masuk zona hijau yakni, Kabupaten Maybrat.

"Kami dari gugus tugas provinsi akan turun untuk memastikan status epidemiologinya," kata Arnoldus di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Selasa (7/7/2020).

Sebab data yang diterima dari masing-masing daerah bisa terlihat aktif atau tidaknya tim tingkat kabupaten dan kota. Hingga Minggu (5/7/2020), Kabupaten Tambrauw dan Maybrat baru melaporkan satu kali tes swab.

"Sedangkan Kabupeten Pegunungan Arfak dan Sorong Selatan pemeriksaan swab belum pernah dilakukan," ujar dia.

Kabupaten Maybrat yang masih berzona hijau, hingga saat ini pun belum pernah melaporkan daftar orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) serta pasien positif.

Kabupaten Sorong Selatan, jumlah OTG nol, ODP 113 dan seluruhnya sudah selesai pemantauan. Sedangkan data PDP tercatat sebanyak tiga orang.

Pegunungan Arfak, jumlah OTG nol, ODP enam orang dan sudah selesai pemantauan. Sedangkan PDP dan pasien positif nol. Kabupaten Tambrauw daftar OTG dan ODP nol dan PDP tercatat ada satu orang.

"Seperti yang disampaikan bapak gubernur, menuju new normal provinsi akan turun melakukan rapid test secara massal di empat daerah itu. Ini untuk memastikan apakah empat daerah ini zona kuning dan hijau," ujar dia.

Disadur dari iNews,id

Pandemi Virus Corona New Normal Zona Kuning Papua Barat


Loading...