Dirawat 60 Hari & Jalani 5 Tes Swab, ABK Sumedang yang Bertugas di Amerika Akhirnya Sembuh Corona

 Dirawat 60 Hari & Jalani 5 Tes Swab, ABK Sumedang yang Bertugas di Amerika Akhirnya Sembuh Corona
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 6 Juli 2020 12:23 WIB

Terasjabar.id - Seorang anak buah kapal (ABK) asal Kabupaten Sumedang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang terhitung sejak 11 Mei 2020.

Pasien nomor 12 asal Kecamatan Ganeas yang berusia 24 tahun itu sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya sejak Minggu (5/7/2020).

Namun, dia masih harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri, mengatakan, sebelumnya ABK tersebut bekerja di Amerika dan diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab test saat pulang ke Sumedang.

"Betul, (sembuh) sudah pulang kemarin. Pasien ini merupakan ABK yang bekerja di kapal pesiar, tugasnya di Amerika," ujar Iwa saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Senin (6/7/2020).

Menurut Iwa, pasien tersebut bisa dinyatakan sembuh setelah dilakukan lima kali swab test dengan hasil dua kali negatif, sehingga jika melihat hasil itu dia bisa dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Jadi, dari hasil swab test itu dia pernah negatif lalu positif lagi. Kemudian yang terakhir hasilnya negatif, akhirnya dia bisa keluar (pulang)," katanya.

Ia mengatakan, sebelum dinyatakan sembuh pasien ini menjalani isolasi di RSUD Sumedang selama 60 hari dan berdasarkan hasil pemantauan tim dokter, kondisi kesehatannya terus membaik.

Dengan adanya pasien ABK yang sembuh itu, artinya total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang yang sudah dinyatakan sembuh, bertambah menjadi 11 orang.

"Untuk saat ini pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang yang masih diisolasi di RSUD tinggal dua orang lagi," ucap Iwa.

(Tribunjabar.id)

Tes Swab ABK Sumedang Amerika Corona


Loading...