Acep : Pelaku UMKM Harus Menguasai Digitalisasi

Acep : Pelaku UMKM Harus Menguasai Digitalisasi
Suasana Pelatihan bagi pelaku UMKM di Hotel Grage Sangkan Kuningan Sabtu (4-07-2020)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Minggu, 5 Juli 2020 11:14 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Kab Kuningan menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi UMKM dengan materi Penerapan Digital dan pembuatan Website di Hotel Grage Sangkan Kuningan Sabtu (4/07-2020). Acara Pelatihan ini di hadiri Bupati Kuningan H Acep Purnama, Kepala Diskopdagperin Ir. Bunbun Budhiyasa Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM RI Talkah Badrus dan Para Peserta.

Kepala Diskopdagperin Ir Bunbun Budhiyasa disela acara mengemukakan, pelatihan ini di laksanakan mengikuti Standar Protokol Kesehatan. Para peserta menggunakan Masker, Faceshield dan Sarung Tangan. Sedangkan tujuan Pelatihan dalam rangka penerapan digitalisasi dan pembuatan website.

Bunbun Budhiyasa mengatakan dalam kondisi AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), kegiatan ini tidak di satu tempatkan karena harus mengikuti protokol kesehatan. Diharapkan melalui kegiatan seperti ini bisa meningkatkan semangat kembali para UKM, dan anggota koperasi mahasiswa untuk memulai kembali bisnisnya yang mungkin sempat terhenti akibat dampak Covid-19 ini, tuturnya.

(Suasana Pelatihan bagi pelaku UMKM di Hotel Grage Sangkan Kuningan Sabtu (4-07-2020))

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM RI Talkah Badrus, mengatakan kegiatan ini merupakan awal kami untuk bisa menyelenggarakan pelatihan yang sifatnya Online Selama ini dalam masa pandemi Covid-19, kami sering melakukan pelatihan melalui 'daring'.

Dianjurkan bagi yang belum mengikutui pelatihan bisa melalui situs edukukm.id. ujar Talkah Badrus. Situs Edukukm.id. adalah sebuah program e-learning atau pelatihan daring yang diinisiasi oleh Kemenkop dan UKM dengan tujuan untuk mengaktivasi program pelatihan secara online di masa pandemi Covid-19 untuk para pelaku koperasi dan UKM (KUKM) di Indonesia, paparnya.

(Meski dalam situasi Covid-19, peserta pelatihan UMKM di Hotel Grage Sangkan tetap semangat dengan protap protokol kesehatan)

Sementara itu, Bupati H Acep Purnama mengatakan era industri 4.0 menuntut pelaku UMKM harus memahami dan menguasai digitaliasi di berbagai sektor industri. Penguasaan ini menjadi penting agar usahanya bisa semakin berkembang maju. "Dengan digitaliasi para pelaku UMKM bisa beroperasi secara efektif dan efisien, serta produknya berkualitas baik dan bernilai harga bersaing," tegasnya.

(H WAWAN JR)

Pandemi Virus Corona UMKM New Normal Kabupaten Kuningan Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian


Loading...