Advertisement

Untuk Memaksimalkan Pencegahan Penularan Virus Corona, Warga Diminta Rajin Mencuci Tangan 6 - 10 Kali Sehari

Untuk Memaksimalkan Pencegahan Penularan Virus Corona, Warga Diminta Rajin Mencuci Tangan 6 - 10 Kali Sehari
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 5 Juli 2020 09:24 WIB

Terasjabar.id - Warga diminta rajin mencuci tangan hingga 6 - 10 kali sehari untuk memaksimalkan pencegahan penularan virus corona. Dengan begitu risiko tertular Covid-19 diprediksi turun hingga 34 persen.

Anggota tim pakar dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan (Sulsel), Dr Iche Andriany Liberty mengatakan, para peneliti di seluruh dunia telah mengumpulkan bukti efektifitas protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Untuk mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, frekuensinya 6 - 10 kali. Ini dapat menurunkan risiko penularan hingga 34 persen," kata Dr Iche di Kota Palembang, Sumsel, Minggu (5/7/2020).

Kemudian untuk masker, kata dia, bisa menggunakan bahan kain. Risiko tertular pun diperkirakan turun hingga 44 persen. Sedangkan menjaga jarak, lebih efektif mencegah Covid-19 sampai 82 persen.

"Semua tentu ingin kembali produktif dalam beraktifitas, namun pastikan juga tetap aman dari orang-orang yang mungkin membawa Covid-19 tanpa disadari," katanya.

Dia berharap, masyarakat memahami kondisi Sumsel yang belum sepenuhnya bebas virus corona. Angka reproduksi efektif masih di atas satu persen, atau satu orang masih berpotensi menularkan ke dua orang lainnya.

Data gugus tugas penanganan Covid-19 Sumsel, ada penambahan 49 kasus pada Sabtu kemarin. Namun angka kesembuhan juga terus naik, ada 34 pasien positif yang dinyatakan negatif dalam dua kali tes swab.

"Sedangkan kasus meninggal tidak bertambah atau tetap 104 orang," ujar dia.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona GTP Covid-19 Sumsel Protokol Kesehatan


Related Post



Loading...