Beberapa Makanan Ini Bisa Bantu Memperlancar Menstruasi

Beberapa Makanan Ini Bisa Bantu Memperlancar Menstruasi
Ilustrasi (Klikdokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 5 Juli 2020 09:21 WIB

Terasjabar.id - Mendapatkan mestruasi secara teratur adalah salah satu hal penting dalam kesehatan reproduksi wanita. Stres, kurang berolahraga, makan makanan berlebihan, dan hormon tak seimbang, dapat menyebabkan menstruasi kurang lancar.

Tak jarang, sebagian wanita mengatasi masalah tersebut dengan jamu-jamuan. Pasalnya, memang makanan-makanan tertentu dapat membantu melancarkan menstruasi Anda, sehingga lebih teratur dan tepat waktu.

Beberapa makanan ini juga mudah ditemukan dan diolah sendiri di rumah. Apa saja? Simak daftarnya, seperti dilansir dari Food NDTV, Minggu (5/7/2020).

Kopi

Siapa yang sangka kafein pada kopi dapat merangsang estrogen, yang menyebabkan menstruasi Anda datang lebih awal. Tak hanya itu, kafein juga merupakan bahan kimia yang dikenal cukup bagus untuk menghilangkan rasa sakit selama menstruasi. Asalkan, mengonsumsinya dalam batas yang normal dan tak berlebihan.

Buah kaya vitamin C

Buah-buahan kaya vitamin C seperti pepaya yang terdiri dari karoten, dikenal untuk menstimulasi hormon estrogen. Selain itu buah nanas, yang kaya vitamin C, juga diyakini dapat menghasilkan panas di daerah panggul, menyebabkan kontraksi lebih lanjut dalam rahim dan merupakan alasan untuk pelepasan lapisan rahim.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan jamu yang sering dikonsumsi untuk mengatasi masalah menstruasi. Sebab, kunyit dapat berfungsi sebagai stimulator aliran darah di rahim dan daerah panggul. Meminum kunyit dengan air panas atau susu bisa sangat berguna bagi wanita yang ingin menstruasinya lebih lancar atau teratur.

Jahe

Terakhir ada jahe yang dapat dibuat sebagai ramuan alami untuk menginduksi aliran menstruasi. Anda bisa meminumnya dengan madu dan teh, perpaduan yang bagus untuk meningkatkan panas internal di tubuh Anda dan menyebabkan menstruasi. Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan kram menstruasi.

Disadur dari iNews.id

Mestruasi Kesehatan Reproduksi Wanita Makanan


Loading...