Advertisement

Izinkan Sekolah di Wilayah Zona Hijau Dapat Melaksanakan KBM Tatap Muka Dengan Sejumlah Syarat, 7 Cara Sukses Belajar Jarak Jauh Menurut Dokter Reisa

Izinkan Sekolah di Wilayah Zona Hijau Dapat Melaksanakan KBM Tatap Muka Dengan Sejumlah Syarat, 7 Cara Sukses Belajar Jarak Jauh Menurut Dokter Reisa
(Beritasatu.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 5 Juli 2020 09:11 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah mengizinkan sekolah di wilayah zona hijau atau tak ada kasus covid-19 dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka dengan sejumlah syarat. Namun sekolah di wilayah dengan risiko rendah hingga tinggi harus tetap melaksanakan jarak jauh secara online.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Penanganan COVID, dr Reisa Broto Asmoro membagikan tujuh cara agar penerapan sekolah jarak jauh berjalan efektif dan efisien. Yang pertama guru dan siswa harus bergembira saat belajar, jangan stres, dan pastikan semuanya paham cara menggunakan gawai.

"Kemudian buat kelas menjadi kelompok belajar kecil untuk diskusi dan kerja kelompok yang dapat membuat pembelajaran belajar efektif," ucap Reisa dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/7/2020).

Ketiga buat tantangan atau lomba kolaborasi yang membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan. Keempat menyiapkan waktu khusus bagi siswa yang tertinggal dalam pemahaman pembelajaran untuk memastikan pelajaran dipahami semua siswa.

Kelima fokus pada subjek yang menguatkan kemampuan murid untuk bisa sukses di pelajaran mana pun. Keenam mengamati, meniru, dan memodifikasi serta belajar cara mengajar guru lain dengan mencontoh yang bagus.

"Ketujuh mengadopsi apa yang sudah dipelajari dari guru lain di kelas masing-masing. Murid juga bisa bertanya kepada teman lain bagaimana cara memahami pelajaran secara baik melalui online," katanya.

Reisa menekankan proses belajar jarak jauh yang baik bukan memindahkan seluruh materi dari kelas ke ruang digital. Namun bagaimana membuat pembelajaran jarak jauh menyenangkan dan penuh interaksi. Seperti diketahui lebih dari 90 persen siswa harus belajar dari rumah sejak pandemi covid-19.

"Dan penting bagi orangtua untuk terlibat aktif dalam pembelajaran jarak jauh," ucapnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Zona Hijau Kegiatan Belajar Mengajar dr Reisa Broto Asmoro


Related Post



Loading...