Advertisement

Penjualan Mangga Gedong Gincu Asli Majalengka Dianggap Belum Tembus Pasaran

Penjualan Mangga Gedong Gincu Asli Majalengka Dianggap Belum Tembus Pasaran
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 4 Juli 2020 10:56 WIB

Terasjabar.id - Wilayah Ciayumajakuning dan Sumedang tercatat sebagai daerah sentra Mangga Gedong Gincu di Jawa Barat.

Kabupaten Majalengka sendiri telah memiliki sertifikat dari Departemen Pertanian untuk induk dari pohon Mangga Gedong jenis Gincu itu.

Saat ini, ada dua induk pohon Gedong Gincu yang terletak di area Pendopo.

Namun, dalam perjalanannya, di pasar, pecinta Mangga Gedong Gincu lebih akrab dengan Gedong Gincu dari luar Kabupaten Majalengka.

Padahal, tidak menutup kemungkinan Mangga Gedong Gincu itu sebenarnya hasil dari para petani Majalengka.

"Kita susah untuk menembus pasar. Kita lebih sebagai penyedia," ujar Kabid Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Majalengka, Yudi Prasetiadi saat hadir sebagai pembicara dalam Bincang Santai di Sekretariat PWI, Jumat (3/7/2020).

Di luar masih sulitnya pemasaran, jelas Yudi, saat ini 'produksi' Mangga Gedong Gincu di Kabupaten Majalengka juga mulai terancam.

Hal itu seiring mulai berkurangnya tingkat kesuburan kebun Mangga Gedong Gincu di beberapa daerah yang selama ini dikenal sebagai sentra Gedong Gincu.

"Di Kecamatan Panyingkiran (yang dikenal centra kebun mangga Gedong Gincu) pohonnya sudah tua, selain itu hasil panennya berkurang," ucapnya.

Lebih jauh Yudi menjelaskan, perlu keterlibatan semua kalangan guna keberlangsungan Mangga Gedong Gincu Majalengka, khususnya dalam hal pemasaran.

Adanya pusat perbelanjaan Mangga Gedong Gincu, salah satu cara yang bisa dilakukan guna mendongkrak pemasaran Mangga jenis tersebut.

"Tadi ada masukan dari rekan-rekan, mungkin akan digenjot dari sektor pariwisatanya. Jadi nanti, mangga Gedong Gincu menjadi oleh-oleh di setiap obyek wisata. Tentunya, seluruh leading sektor harus bahu-membahu dalam mengembangkan makanan khas Majalengka tersebut," jelas dia.

(Tribunjabar.id)

CiayuMajakuning PSBB Virus Corona Usaha Mangga Majalengka


Related Post



Loading...