Advertisement

Meski Pandemi Covid-19, Baznas Sumedang Targetkan Rp 10 Miliar dari Zakat Profesi ASN Tahun Ini

Meski Pandemi Covid-19, Baznas Sumedang Targetkan Rp 10 Miliar dari Zakat Profesi ASN Tahun Ini
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 4 Juli 2020 09:00 WIB

Terasjabr.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang tahun ini menargetkan bisa mendapat Rp 10 miliar dari zakat profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Sumedang meski terkendala Pandemi Covid-19.

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, Ayi Subhan Hafas mengatakan, untuk mengejar target disaat penerapan adapatasi kebiasaan baru (AKB) ini, pihaknya bakal melakukan pendekatan dan sosialisasi terhadap setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Kita tidak muluk-muluk karena berproses, minimal ada kenaikan. Tahun lalu zakat profesi ASN diangka Rp 9 miliar dan tahun sekarang kita targetkan bisa mendapat Rp 10 miliar," ujarnya disela kegiatan Jumat Berkah di Masjid Besar Tegalkalong, Jumat, (3/7/2020).

Meski sempat terkendala pandemi Covid-19 selama 3 bulan yang lalu, pihaknya tetap optimis bisa mengejar target tersebut dengan memaksimalkan sisa waktu selama 6 bulan kedepan.

"Kalau berbicara zakat profesi ASN Sumedang, kita bisa mendapat Rp 1,5 miliar per bulan. Sampai saat ini kita baru mencapai sekitar Rp 500 juta kurang sedikit, tapi kita akan terap ikhtiar," kata Ayi Subhan.

Menurutnya, kunci untuk mengejar target zakat profesi ASN ini yakni kepercayaan terkait sejauh mana Baznas Kabupaten Sumedang bisa mendistribusikan dana zakat yang dititipkan para muzaki.

"Jadi kita berupaya melakukan pemberdayaan yang memang terasa manfaat dan dampaknya. Sehingga bakal muncul sebuah trust, kalau trust muncul Insya Allah apa yang kita cita-citakan akan berhasil," ucapnya.

Untuk saat ini, kata Subhan, program Baznas Sumedang yang sudah dirasakan dampak dan manfaatnya yakni program Jumat Berkah yang digelar secara rutin.

Dalam program ini pihaknya mengedepankan pembayaran terhadap usaha kecil menengah (UKM), kemudian, melakukan pembagian makanan kepada warga yang melakukan salat Jumat.

"Ini program cash for work, kepada pengusaha warung nasi, atau pedagang kecil kita kasih. Kita bayar dan (makanannya) dibagikan," kata Subhan.(Tribunjabar.id)




Baznas Sumedang Zakat ASN


Related Post



Loading...