Terkait Rencana Pemerintah Memindahkan Pasien Virus Corona dari Jatim Dipindah ke Pulau Galang, Ini yang Dikatakan Gubernur Jatim

Terkait Rencana Pemerintah Memindahkan Pasien Virus Corona dari Jatim Dipindah ke Pulau Galang, Ini yang Dikatakan Gubernur Jatim
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 3 Juli 2020 09:32 WIB

Terasjabar.id - Penyebaran Covid-19 di Jawa Timur (Jatim) tertinggi di Indonesia. Sehingga ada rencana pemerintah memindahkan pasien Covid-19 dari daerah dengan penularan tinggi di Jatim ke Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Ditemui di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanggapi hal tersebut. Ia mengapresiasi rencana pemerintah memindahkan pasien Covid di Surabaya ke Pulau Galang, karena bisa mengurangi beban rumah sakit.

Meski tujuannya baik, ia tetap khawatir jarak jauh menjadi kendala dalam proses pemindahan terutama dalam membujuk pasien agar berkenan dipindah dan diisolasi di Pulau galang.

Selama ini fakta di lapangan adalah pasien Covid-19 enggan diisolasi adalah jarak rumah sakit rujukan yang jauh. Sehingga keberatan meninggalkan anggota keluarga di rumah, bahkan hingga hewan ternak.

Pihaknya bahkan telah berkoordinasi dengan Pangkogabwilhan II terkait transportasi milik TNI AU yang akan digunakan untuk memindahkan pasien. Meski begitu, Khofifah masih akan mempertimbangkan hal tersebut.
Ilustrasi

Saat ini, upaya yang dilakukan untuk relaksasi rumah sakit adalah dengan menerapkan one gate system atau sistem satu pintu yang dikomandoi langsung oleh Pangkogabwilhan II sesuai instruksi presiden.

Tujuannya untuk mempermudah pengklasifikasian pasien Covid mulai dari tanpa gejala hingga gejala berat agar tidak terjadi penumpukan pasien di rumah sakit. Selain itu, penerapan satu kali tes swab negatif untuk pasien Covid yang sembuh juga tengah dilakukan untuk mencegah penumpukan di rumah sakit.

Penyebaran Covid-19 di Jatim masih tertinggi di Indonesia. Data per tanggal 2 Juli kemarin sebanyak 12.681 orang terpapar virus corona, sementara yang dirawat sebanyak 6.930 orang sedangkan yang meninggal mencapai 971 dan sembuh sebanyak 4.638 orang. Hingga kemudian, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mewacanakan pemindahan pasien Covid di Jatim.

Disadur dari Okezone.com 

Pandemi Virus Corona Jawa Timur Pulau Galang


Loading...