Wali Kota Singkawang Menerbitkan Perwako, Mengatir Kegiatan Usaha di Masa New Normal, Kewajiban Mematuhi Protokol Kesehatan

Wali Kota Singkawang Menerbitkan Perwako, Mengatir Kegiatan Usaha di Masa New Normal, Kewajiban Mematuhi Protokol Kesehatan
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 2 Juli 2020 13:47 WIB

Terasjabar.id - Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomoor 37 Tahun 2020 yang mengatur kegiatan usaha di masa kenormalan baru. Salah satu yang diatur yakni kewajiban mematuhi protokol kesehatan.

"Dalam perwako (peraturan wali kota) ini ada beberapa item yang kita tekankan kepada pelaku usaha untuk tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie di Singkawang, Kamis (2/7/2020).

Dia mengatakan, kewajiban menerapkan protokol kesehatan untuk pelaku usaha bagian dari upaya membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19. Di sisi lain juga membantu memberu edukasi kepada masyarakat untuk bisa mematuhi protokol tersebut.

"Karena apabila tidak dilakukan maka pengelola usahanya yang akan dikenakan sanksi," tuturnya.

Protokol kesehatan yang dimaksud yakni setiap pelaku usaha mewajibkan karyawan dan pengunjung menggunakan masker, menyediakan cairan pembersih tangan, sarung tangan bagi pedagang dan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun serta air mengalir.

"Jadi ini yang wajib mereka siapkan," katanya.

Kemudian setiap tempat usaha juga harus mengatur jarak aman dengan rentang jarak tertentu minimal satu meter antarpedagang dan antarpembeli, membatasi jumlah pengunjung yang masuk tempat usaha sekurang-kurangnya 50 persen dari jumlah dalam keadaan normal.

Dia mengungkapkan, menjelang normal baru di Singkawang, sejumlah kegiatan usaha mulai menggeliat kembali termasuk tempat penginapan yang sebelumnya sepi kini mulai penuh terisi.

"Karena sewaktu kita cek kemarin, ada beberapa kamar hotel yang sudah penuh," katanya.

Memasuki new normal, dia mengajak seluruh masyarakat melawan Covid-19 dengan cara mencegah penularan, sehingga Singkawang bisa segera selesai menghadapi pandemi dan masyarakat selalu sehat serta bisa beraktivitas kembali dengan normal baru.

"Agar penerapan normal baru akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat Singkawang," ujarnya.

Disadur dari iNews.id

Wali Kota Singkawang Perwako Pandemi Virus Corona New Normal


Loading...