Kunyit Diyakini Memiliki Berbagai Manfaat Kesehatan, Diantaranya Mengelila Kadar Glukosa Tinggi Dalam Darah

Kunyit Diyakini Memiliki Berbagai Manfaat Kesehatan, Diantaranya Mengelila Kadar Glukosa Tinggi Dalam Darah
Ilustrasi (Harapan Rakyat Online : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 2 Juli 2020 12:56 WIB

Terasjabar.id - Diabetes tipe 2 merupakan kondisi yang berkaitan dengan gangguan dalam kadar gula darah. Padahal tingkat gula darah memainkan peran penting dalam tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik yang mengatur kadar gula darah.

Kadar gula darah sendiri bisa dikondisikan dengan makanan yang Anda konsumsi. Bahkan, beberapa makanan dipercaya dapat menurunkan gula darah.  

Dilansir dari Express, kunyit menjadi salah satu rempah-rempah yang disebut dapat menurunkan gula darah. 

Kunyit diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan yang meliputi penghilang rasa sakit dan pencegahan penyakit. Kurkumin, komponen aktif dalam kunyit juga dapat membantu seseorang menurunkan gula darahnya.

Pakar kesehatan terkemuka percaya bahwa kunyit dapat membantu mengelola kadar glukosa tinggi dalam darah. Rempah-rempah itu terbukti meningkatkan sensitivitas insulin yang mengarah pada menurunkan gula darah.

Percobaan klinis pada hewan telah menunjukkan hasil yang bagus dan mengarah pada saran bahwa kunyit dapat membantu mereka yang hidup dengan diabetes tipe 2 dalam mengelola kadar gula darah dan mengurangi risiko komplikasi serius.

Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)
Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)

Sebuah studi dari National Library of Medicine National Institutes of Health Amerika Serikat meneliti bagaimana kurkumin yang terdapat dalam kunyit bisa menurunkan gula darah. 

"Komponen aktif kunyit, yakni kurckmin, telah menarik perhatian sebagai pengobatan potensial untuk diabetes dan komplikasinya. Ini baik karena kunyit adalah obat yang relatif aman dan murah yang mengurangi glikemia dan hiperlipidemia dalam model diabetes tikus," catat para peneliti.

Penelitian baru tersebut telah memberikan dasar ilmiah untuk kurkumin tradisional dan mengonfirmasi peran penting dari kurkumin dalam pencegahan dan pengobatan diabetes dan gangguan terkait. 

Kurkumin dapat mempengaruhi sebagian besar aspek utama diabetes, termasuk resistensi insulin, hiperglikemia, hiperlipidemia dan apoptosis pulau dan nekrosis. 

Ilustrasi pasta kunyit. [Shutterstock]
Ilustrasi pasta kunyit. [Shutterstock]


Studi lain menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu menurunkan kadar glukosa seseorang dalam darah, serta komplikasi terkait diabetes lainnya.

Para peneliti menemukan bahwa kurkumin mungkin memiliki peran dalam pencegahan diabetes. Studi lain menunjukkan bahwa manfaat kunyit lainnya dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan membuat kondisi lebih mudah dikelola.

Kunyit dapat ditambahkan ke makanan atau dapat ditemukan dalam suplemen yang dijual bebas, bisa juga Anda jadikan minuman.

Dusadyr dari Suara.com 

Kunyit Rempah Manfaat


Loading...