Pandemi Virus Corona, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan Memastikan Hanya Kota Palopo yang Masuk Zona Hijau di Sulsel

Pandemi Virus Corona, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan Memastikan  Hanya Kota Palopo yang Masuk Zona Hijau di Sulsel
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 2 Juli 2020 11:15 WIB

Terasjabar.id - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan Kota Palopo sudah masuk zona hijau. Daerah tersebut satu-satunya di provinsi itu yang bebas dari wabah virus corona.

Tim Konsultan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Prof Ridwan Amiruddin mengatakan, dari data per 25 Juni 2020, ada dua daerah yang masuk zona merah, 16 zona orange dan lima zona kuning.

"Yang (masuk zona) hijau baru satu daerah, yakni Palopo," kata Prof Ridwan saat dikonfirmasi di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (2/7/2020).

Berdasarkan data tersebut wilayah yang masuk zona merah atau resiko tinggi, yakni Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Khususnya Kota Makassar yang selama ini dianggap sebagai episentrum Covid-19.

Lalu, daerah yang masuk zona orange dengan resiko sedang yakni Kota Parepare, Kabupaten Takalar, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Sinjai, Bone, Wajo, Maros, Pangkep, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Toraja Utara, Luwu utara dan Luwu Timur.

Sementara zona kuning atau kategori resiko rendah, yakni Kabupaten Jeneponto, Barru, Soppeng, Luwu dan Tana Toraja. Dia berharap, ke depan semua daerah masuk kategori zona hijau.

Kata dia, penanganan Covid-19 di Sulsel masih fokus pada program trisula. Yakni massive tracking, intensive testing, dan public health education.

Ridwan mengemukakan, saat ini Sulsel berada pada momen memasuki puncak pandemi Covid-19. Hanya saja, dia belum bisa memastikan kapan kurva ini akan melandai, tergantung dari kerja sama masyarakat untuk patuh pada anjuran pemerintah.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Kota Palopo Zona Hijau Sulawesi Selatan


Loading...