Pemkab Gunungkidul Mempersilakan Pengelola Wisata Uji Coba Pembukaan Destinasi Untuk Umum, Penerapan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Pemkab Gunungkidul Mempersilakan Pengelola Wisata Uji Coba Pembukaan Destinasi Untuk Umum, Penerapan Protokol Kesehatan Secara Ketat
( Antara/Sutarmi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 2 Juli 2020 10:34 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mempersilakan pengelola wisata melakukan uji coba pembukaan destinasi untuk umum. Syarat utama yang perlu diterapkan yakni protokol kesehatan secara ketat.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan ada beberapa pengelola wisata yang sudah mengajukan permohonan uji coba pembukaan destinasi wisata, mulai dari Lembah Ngingrong, Air Terjun Sri Getuk dan Gua Pindul.

"Pada prinsipnya, kami mempersilakan pengelola wisata melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata. Namun pengelola harus memenuhi beberapa persyaratan seperti kesiapan fasilitas, sumber daya manusia hingga tata kelola uji coba di era normal baru," kata Harry.

Menurut dia, dinas pariwisata tidak mempermasalahkan adanya pengelola yang ingin membuka kembali destinasi setelah beberapa bulan tutup karena corona. Tetapi, sebelum uji coba pembukaan dilaksanakan, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan ini erat kaitannya dengan tata laksana protokol kesehatan didalam penyelenggaraan kepariwisataan di era normal baru.

"Berdasarkan surat edaran kepala dinas pariwisata sudah ada berbagai tahapan agar uji coba destinasi bisa dilaksanakan. Kami hanya meminta sebelum dilakukan uji coba terlebih dahulu dikoordinasikan dengan kami," katanya.

Dia mengatakan uji coba destinasi, pengelola juga harus mendapatkan rekomendasi dari Gugus Tugas penanganan Covid-19 di tingkat kabupaten. Hal itu juga yang mendasari izin uji coba wisata.

Seperti diketahui, Dispar Gunungkidul memperpanjang uji coba pembukaan destinasi wisata hingga 31 Juli mendatang. Adapun obyek yang buka baru di empat lokasi, yakni Pantai Baron-Kukup, Kalisuci dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Sementara itu, Ketua Desa Wisata Bleberan Desa Bleberan, Playen, Tri Harjono mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pembukaan kembali destinasi wisata di air terjun Sri Getuk dan Gua Rancang. Rencananya, uji coba dilakukan pada pertengahan bulan ini.

Untuk persiapan pembukaan, pengelola sudah mendapatkan sosialisasi dari dinas pariwisata. Selain itu, juga sudah melakukan kegiatan bersih-bersih serta pembuatan jalur keluar masuk wisatawan di sekitar objek wisata.

"Saat ini kami sedang mengomunikasikan rencana pembukaan Sri Getuk dan Gua Rangcang dengan Dispar Gunungkidul. Rencananya, uji coba pembukaan destinasi wisata akan dilakukan pada 15 Juni ini," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Pemkab Gunung Kidul Pengelola Wisata


Loading...