RSKI Pulau Galang di Kepulauan Riau Untuk Merawat Pasien Virus Corona, Pemerintah Pertimbangkan Pindah Sebagian Pasien Covid-19 di Surabaya ke Pulau Galang

RSKI Pulau Galang di Kepulauan Riau Untuk Merawat Pasien Virus Corona, Pemerintah Pertimbangkan Pindah Sebagian Pasien Covid-19 di Surabaya ke Pulau Galang
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 2 Juli 2020 10:02 WIB

Terasjbar.id - Pemerintah telah menyiapkan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang di Kepulauan Riau untuk merawat pasien covid-19. RSKI memiliki 360 ruang rawat yang terdiri dari 240 untuk orang dalam pemantauan (ODP), 100 ruangan bagi pasien dalam pengawasan (PDP), dan 20 ruangan bertekanan negatif.

Hingga 30 Juni 2020 tercatat hanya 53 pasien yang dirawat di sana. Sementara Presiden Joko Widodo minta RSKI dioptimalkan untuk penanganan pasien covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah kini mempertimbangkan untuk memindahkan pasien covid-19 dari daerah dengan penularan tinggi ke Pulau Galang untuk mengurangi beban rumah sakit. Salah satunya dari Surabaya, Jawa Timur yang merupakan zona hitam.

"Ini yang sedang dipertimbangkan untuk mengurangi beban rumah sakit di Surabaya. Pasien dengan gejala ringan atau sedang akan dibawa ke Pulau Galang dengan transportasi yang disiapkan TNI," ujar Muhadjir di Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Menurutnya pertimbangan itu muncul dalam rapat koordinasi tingkat menteri untuk pemanfaatan RSKI Pulau Galang pada Selasa (30/6/2020). Muhadjir mengatakan arahan Presiden Jokowi untuk mengoptimalkan RSKI Pulau Galang tak khusus untuk pasien dari Surabaya.

"Bisa dari luar, pekerja migran atau dari Provinsi Kepulauan Riau," kata Muhadjir.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu kemudian meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk berkoordinasi dengan Pangkogabwilhan II dan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk merencang teknis serta skenario pemanfaatan RSKI Pulau Galang. Lalu minta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah dan Pemprov Kepulauan Riau untuk merancang skenario dan kebijakan jika ada pasien covid-19 yang dirawat di RSKI Pulau Galang.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona RSKI Pulau Galang Surabaya


Loading...